10 Rekomendasi Tempat Wisata di Gianyar Bali Terbaru 2018

Gianyar, sebuah kabupaten di provinsi Bali yang memiliki 7 kecamatan ini terkenal sebagai pusatnya budaya ukiran. Bagi kamu penikmat seni, Gianyar adalah tempat yang cocok untuk kamu datangi sambil pergi berlibur.

Selain menghadirkan banyaknya objek wisata seni dan budaya, Gianyar juga menyimpan berbagai objek wisata bernuansa alam, tempat rekreasi keluarga, sampai dengan wisata belanja.

Dan hebatnya lagi, tempat wisata di Gianyar ini tidak hanya ramai dikunjungi turis lokal namun juga turis asing yang rela pergi berlibur jauh dari negara asalnya ke Indonesia hanya untuk menikmati objek wisata di sekitar Gianyar.

Daftar Tempat Wisata di Gianyar Terbaru

1). Sungai Ayung

Sungai Ayung
Foto: asil.ab on Instagram
Bagi wisatawan yang menyukai rafting, di Bali banyak sekali sungai yang bisa kita gunakan untuk olahraga air tersebut. Salah satunya adalah Sungai Ayung yang cukup terkenal karena menjadi sungai terpanjang di provinsi Bali.

Lokasi rafting di Gianyar ini terbilang unik karena kita akan menyusuri sungai yang keadaanya cukup ekstrim dengan dukungan pemandangan di sekelilingnya adalah pepohonan hijau. Selain itu, kita juga akan melihat tebing-tebing yang terdapat Villa, Hotel, ataupun Resort.

Oh ya, pastikan tubuhmu dalam keadaan prima saat rafting di Sungai Ayung karena memang aktivitas olahraga ini memakan waktu kurang lebih 3 jam.

2). Bali Safari & Marine Park

Bali Safari & Marine Park
Foto: e-bali.net
Kebun binatang yang juga dikenal dengan nama Taman Safari Indonesia 3 ini sangat cocok untuk kamu yang ingin berwisata bersama keluarga tercinta. Dengan mengajak seluruh anggota keluarga termasuk anakmu, mereka pastinya senang ketika diajak untuk melihat berbagi jenis binatang di sana yang sebelumnya hanya bisa mereka lihat di TV.

Dengan melihatnya secara langsung di kebun binatang berkelas internasional ini, kamu tidak hanya bisa melihat binatang jinak dan buas di sana, namun juga memegang dan memberinya makan. Tentu hanya binatang-binatang tertentu yang bisa kamu pegang dan beri makan. Konsep taman wisata ini terbilang menarik karena mengkolaborasikan kehidupan satwa liar di alam dengan susana budaya Bali.

Alamat: Jl. Bypass Prof. Dr. Ida Bagus Mantra Km. 19,8, Desa Serongga, Kec. Gianyar, Bali

3). Air Terjun Tegenungan

Air Terjun Tegenungan
Foto: menara-fm.com
Air terjun di Gianyar ini menjadi favorit warga Bali khususnya anak-anak muda saat sedang liburan. Air Terjun Tegenungan sudah sangat populer di kalangan traveler, ini terbukti tidak hanya warga lokal saja yang mengunjungi objek wisata tersebut namun juga wisatawan asing yang mengetahui lokasi curug ini dari internet.

Pengunjung di sana tidak hanya puas berenang dan bermain air saja, namun juga bisa melakukan sesuatu yang ekstrim seperti halnya melompat dari puncak air terjun berketinggian 15 meter tersebut. Namun hal ini tentu juga harus melihat kemampuan diri sendiri, apakah yakin atau tidak, jangan sampai keselamatan diabaikan.

Alamat: Desa Kemenuh, Kecamatan Sukawati, Gianyar, Bali

4). Ubud

Ubud
Foto: www.bali-indonesia.com
Ubud dikenal sebagai tempat peristirahatan dengan pemandangan hamparan sawah dan hutan hijau dengan latar belakang gunung yang mempesona. Tidak hanya itu saja, namun Ubud juga dikenal karena menyimpan banyak sekali objek wisata yang bernuansa seni budaya asli Bali.

Tidak bisa dipungkiri nama "Ubud" sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat Indonesia dan dunia, ini terbukti dari adanya film hollywood yang berjudul Eat Pray & Love yang pernah syuting di daerah ini.

Alamat: Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali

5). Bali Bird Park

Bali Bird Park
Foto: www.bali-bird-park.com
Bagi kamu yang saat ini berencana mengajak keluargamu untuk pergi berlibur, taman burung yang berada di Desa Singapadu sepertinya layak kamu pertimbangkan untuk dikunjungi. Pasalnya Bali Bird Park ini mengoleksi beragam jenis burung yang indah.

Menariknya lagi, pengunjung yang datang ke salah satu destinasi wisata yang ada di Gianyar ini tidak hanya bisa melihat burung tersebut saja, namun juga berfoto-foto, melihat burung diberi makan, dan sebagainya sehingga sangat amat menyenangkan.

Alamat: Jl. Serma Cok Ngurah Gambir, Singapadu, Batubulan, Kec. Gianyar, Bali

6). Hidden Canyon Beji Guwang

Hidden Canyon Beji Guwang
Foto: eddy13_ on Instagram
Tempat wisata alam di Gianyar yang satu ini letaknya bisa dibilang tersebunyi, mungkin dulu ngarai atau canyon ini masih sangat jarang terjamah oleh wisatawan, tapi berkat kekuatan internet, beberapa tahun terakhir ini sepertinya sudah mulai populer di kalangan wisatawan lokal dan mancanegara.

Hidden Canyon Beji Guwang menyuguhkan pemandangan tebing berbatu yang berketinggian kira-kira 20-30 meter. Di bawahnya dialiri air sungai bewarna biru yang memukau.

Alamat: Guwang, Sukawati, Kec. Gianyar, Bali

7). Bukit Jati Waterboom

Bukit Jati Waterboom
Foto: bliputu.com
Salah satu hal menyenangkan menghabiskan waktu saat liburan adalah dengan mengunjungi wahana air. Gianyar sendiri mempunyai objek wisata water park bernama Bukit Jati Waterboom yang berada di Desa Samplangan yang memiliki fasilitas memadai.

Menariknya lagi air yang digunakan untuk para pengunjung bermain air bersumber dari kaki Bukit Jati sehingga tentunya bersih dan menyegarkan tubuh.

Alamat: Jl. Raya Bukit Jati Samplangan, Kec. Gianyar, Bali

8). Goa Gajah

Goa Gajah
Foto: www.telusurindonesia.com
Goa Gajah merupakan tempat ibadah sekaligus tempat bersejarah di Gianyar yang bisa coba kamu masuki untuk mengetahui hal apa saja yang ada di dalam Goa Gajah ini. Ukurannya yang tidak terlalu luas, tidak sedikit wisatawan yang penasaran dan mencoba menelusuri goa berketinggian 2 meter tersebut.

Di sekitar goa banyak berdiri warung yang menyediakan berbagai kuliner lezat yang layak dicicipi wisatawan setelah cukup puas menikmati keunikan dan keindahan Goa Gajah dan sekitarnya.

Alamat: Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatu, Kabupaten Gianyar, Bali

9). Pantai Lebih

Pantai Lebih
Foto: bali.panduanwisata.id
Bali memang menyimpan banyak sekali wisata pantai yang menyajikan panorama alam indah. Salah satu yang menarik perhatian traveler adalah Pantai Lebih. Air lautnya yang biru dan tenang, menjadikan tempat ini banyak dijadikan untuk bersantai-santai saat liburan.

Adanya warung makan yang berdiri di pinggiran pantai merupakan hal bagus karena pengunjung bisa menyantap berbagai makanan sambil menikmati pemandangan indah Pantai Lebih.

Alamat: Jl. By Pass Ida Bagus Mantra, Kec. Gianyar, Bali

10). Pasar Seni Sukawati

Pasar Seni Sukawati
Foto: roombucketdotcom.blogspot.co.id
Gianyar memiliki objek wisata belanja bernama Pasar Seni Sukawati. Pasar ini menjual berbagai kebutuhan hidup manusia termasuk pakaian dan barang khas Bali yang menjadi target wisatawan lokal dan asing untuk mendapatkan berbagai barang di sana sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Selain pakaian dan barang tentunya pengunjung bisa membeli hal lainnya seperti lukisan dan guci hasil dari kerajinan tangan masyarakat Bali. Penjual menjual barang dagangannya dengan harga relatif murah sehingga pasar ini tidak pernah sepi pengunjung.

Alamat: Jalan Raya Sukawati - Batubulan 80582

Cara menuju ke Gianyar menggunakan Pesawat

Dari bandara di kotamu, terbanglah dengan tujuan pendaratan di Bandara Ngurah Rai, Bali. Kemudian kamu harus melanjutkan perjalanan ke Gianyar dengan menaiki taksi atau mobil sewaan yang berada di sekitar bandara. Perjalanan dari bandara ke Gianyar cukup jauh, yaitu 48,4 km.

Cari Penginapan atau Hotel di Gianyar?

Di daerah sekitar Gianyar dan sekitarnya, kamu bisa menemukan banyak sekali penginapan dan hotel. Kamu bisa memilihnya sesuai keinginan atau budget. Di sana terdapat penginapan dengan harga di bawah 50 ribu dengan suasana pedesaan hingga hotel berbintang 5 yang mewah.

Itulah 10 pilihan objek wisata di daerah Gianyar yang wajib dikunjungi saat berada kabupaten ini. Traveler, kalau kamu punya tempat menarik namun tidak tercantum dalam daftar di atas, silakan beri tahu lewat kolom komentar, ya. Happy traveling!