10 Rekomendasi Tempat Wisata di Sidoarjo Terbaru 2018

Sidoarjo menyimpan banyak spot wisata yang bisa kamu kunjungi ketika sedang berlibur ke sana. Selain itu, Sidoarjo juga memiliki nilai sejarah yang tinggi dari segi budaya. Tidak hanya itu saja, tempat wisata belanja dan kuliner juga akan mudah kamu jumpai.

Salah satu destinasi wisata di Sidoarjo yang menyimpan nuansa keindahan alam yang sangat sempurna yaitu Pantai Ketingan. Pantai yang memiliki keindahan pesona akan birunya air laut ini terletak di Desa Sawoan, Kecamatan Buduran.

Bagi kamu yang ingin menjumpai objek wisata di Sidoarjo Jawa Timur yang dapat menyegarkan mata dan jiwa, maka kali ini saya akan memberikan rekomendasi tempat rekreasi yang sayang jika dilewatkan. Langsung saja ini dia daftarnya.

Daftar Tempat Wisata di Sidoarjo

1). Pantai Kepetingan

Pantai Kepetingan
Foto: iwantantomi.wordpress.com
Pantai Kepetingan sering juga disebut sebagai Pantai Ketingan. Pantai yang berletak di Desa Sawoan, Kecamatan Buduran sebenarnya merupakan tempat wisata alam di Sidoarjo yang sudah cukup banyak diketahui masyarakat. Meskipun begitu, pantai ini selalu ramai ketika musim libur tiba.

Untuk menuju ke pantai, pengunjung perlu melewati jalur air mengunakan perahu karena aksesnya lebih mudah dibanding jalur darat. Agar bisa menggunakan perahu kita perlu menyewa perahu milik nelayan.

Setelah memakan waktu cukup lama mengitari beberapa desa lewat jalur air, rasa lelah akan terbayar dengan indahnya pesona laut yang disuguhkan oleh Pantai Ketingan. Pengunjung juga tidak perlu khawatir jika tidak membawa cukup bekal, karena pantai ini juga memfasilitasi rumah makan dengan menu ala pantai.

Alamat: Desa Sawohan, Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

2). Sun City Water Park

Sun City Water Park
Foto: abdoemaggi.wordpress.com
Sun City Waterpark merupakan sebuah tempat wisata yang memfasilitasi sebuah tempat kolam renang dan dihiasi dengan perosotan tinggi yang melingkar. Objek wisata air ini memang sengaja dibuat dengan konsep sebagai hiburan anak-anak. Dan terbukti, disaat musim libur anak sekolah, tempat ini cukup ramai dikunjungi oleh pengunjung yang mayoritasnya anak-anak.

Selain kolam renang, tempat ini juga menyediakan wahana flying fox dan outbound. Ada juga satu wahana yang sangat diminati oleh anak-anak, yaitu bak tumpah. Wahana seperti ini memang akan membuat anak ceria dan bahagia.

Harga tiket untuk masuk ke water park ini juga terbilang sangat terjangkau. Nah, bagi kamu yang memiliki banyak anak dan ingin mengajak mereka berlibur, rasanya Sun City Waterpark adalah tempat liburan yang pas untuk dikunjungi.

Alamat: Jl. Pahlawan No. 1, Lemahputro, Kecamatan Sidoarjo, Jawa Timur

3). Pazkul Kahuripan Nirwana

Pazkul Kahuripan Nirwana
Foto: kahuripan-nirwana.com
Sidoarjo ternyata juga menyimpan tempat nongkrong asik dengan nuansa berbeda yang patut kamu datangi. Mayoritas pengunjung yang datang ke tempat ini di antaranya anak muda dan keluarga. Tempat wisata kuliner yang dihiasi dengan banyak lampu ini sangat pas sebagai tempat nongkrong anak muda untuk mengobrol santai.

Pazkul ini menawarkan konsep Go Green. Maka dari itu jangan heran jika kamu melihat banyak tanaman-tanaman dan pohon di tempat ini. Pazkul ini sendiri tepatnya berada ditengah-tengah kota Sidoarjo dan sangat mudah terjangkau.

Penataan lampu, kursi, dan lagu yang menghiasi tempat ini rasanya cocok bagi kamu yang ingin berkumpul dengan teman, keluarga, atau sang kekasih.

Alamat: Raya Kavling 6 Sidoarjo, Jl. Kahuripan No.4, Kec. Sidoarjo, Jawa Timur

4). Wisata Lumpur Lapindo

Wisata Lumpur Lapindo
Foto: beritadaerah.co.id
Seperti yang kita ketahui, tragedi bencana Lumpur Lapindo yang banyak memakan korban jiwa ini terjadi pada tahun 2006 silam. Tempat yang sempat menjadi sebuah bencana ini kini berubah menjadi objek wisata yang menarik minat pengunjung. Di sana pengunjung dapat melihat lumpur yang telah menenggelamkan desa.

Biasanya yang berkunjung ke tempat ini adalah masyarakat sekitar dan para turis asing. Mereka berkunjung ke sana hanya untuk sekadar memfoto pemandagan lumpur lapindo. Meskipun terlihat seperti bukan tempat wisata, namun keunikan lokasi bencana langka inilah yang menjadi daya tarik pengunjung.

Selain itu wisatawan juga akan melihat hamparan air yang luas dan kepulan asap tepat di tengahnya. Pengunjung tetap harus berhati-hati saat berkunjung ke sana, sebab lumpur lapindo dapat menyembur sewaktu-waktu.

Namun pada hari libur, cukup banyak wisatawan yang tertarik untuk mengunjungi tempat ini. Lokasinya sangat mudah diakses mungkin menjadi alasan banyaknya pengunjung yang datang ke tempat ini, yakni berada di pinggir jalur utama jalan raya dari Surabaya ke Malang/Pasuruan.

Alamat: Kecamatan Pagedangan, Jl. Kp. Pugur, Lengkong Kulon, Tangerang, Banten

5). Alun-Alun Sidoarjo

Alun-Alun Sidoarjo
Foto: www.kompasiana.com
Spot wisata yang cukup banyak disinggahi wisatawan adalah Alun-Alun Sidoarjo. Di tengah alun-alun, pengunjung bisa melihat monumen Sidoarjo dengan logo Udang dan Bandeng Raksasa ditengahnya. Pepohonan raksasa disekeliling alun-alun juga dapat kita jumpai ketika sedang berkunjung ke tempat ini.

Biasanya aktivitas yang dilakukan oleh pengunjung saat menghampiri tempat ini yaitu bersepeda, jogging, atau sekadar bersantai. Memang alun-alun yang ramai saat malam hari ini sangat cocok bagi pengunjung yang ingin merasakan suasana sejuk dan mencicipi kuliner lezat di warung-warung terdekat.

Alamat: Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Sidoarjo, Kec. Sidoarjo, Jawa Timur

6). Delta Fishing

Delta Fishing
Foto: www.adventurose.com
Bagi kamu yang hobi memancing, maka tempat wisata pemancingan Delta Fishing adalah tempat yang tepat. Pasalnya tempat ini menyediakan kolam pemancingan dan wahana permainan yang cukup banyak menarik minat pelancong.

Kolam pemancingan yang terletak di Desa Prasung ini memiliki luas sekitar 2 Ha. Jadi tidak heran jika di dalam tempat ini banyak tersedia tempat-tempat hiburan, misalnya seperti warung lesehan dan prasmanan, serta outbound. Tempat ini sangat cocok untuk mengajak sanak keluarga untuk sekedar refreshing saat waktu liburan tiba.

Alamat: Jl. Lingkar Timur, Desa Prasung, Kec. Buduran, Kec. Sidoarjo, Jawa Timur

7). Candi Pari

Candi Pari
Foto: mujiono12.blogspot.co.id
Sidoarjo memang memiliki banyak candi, jika Yogyakarta memiliki Candi Borobudur, maka Sidoarjo juga memiliki Candi Pari. Bagi kamu yang kebetulan suka dengan tempat-tempat bersejarah, dengan mengunjungi Candi Pari maka kamu akan mengetahui berbagai hal tentang peninggalan kerajaan majapahit.

Pengunjung yang datang ke tempat ini biasanya mempotret bangunan candi dengan goresan khas yang menjulang tinggi. Tempat seperti ini biasanya cukup banyak didatangi oleh turis asing yang penasaran ingin mengetahui sejarah dan keunikannya.

Alamat: Jalan Purbakala, Candi Pari, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur

8). Wisata Alas Prambon

Wisata Alas Prambon
Foto: www.wisataalasprambon.com
Objek wisata yang satu ini terbilang cukup unik namun edukatif. Pasalnya tempat ini memfasilitasinya dengan wahana yang bisa menghibur dan sangat baik dalam kegiatan belajar mengajar terhadap anak.

Salah satu wahana favorit ditempat ini yaitu arena outboundnya. Meskipun tempat ini terbilang sangat jauh dari pusat keramaian, namun objek wisata ini memiliki jumlah pengunjung yang cukup banyak setiap waktunya.

Tempat yang memiliki nilai edukasi yang baik bagi anak-anak ini biasanya ramai dikunjungi oleh anak sekolah. Di antaranya terdiri dari permainan peternakan, perikanan, dan bertanam. Nantinya mereka dapat belajar dan mengetahui bagaimana cara bercocok tanam, beternak, dan lain sebagainya.

Alamat: Dusun Ngingas Desa Simpang RT.14 RW.03 Kecamatan Prambon, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur

9). Pantai Tlocor

Pantai Tlocor
Foto: www.eastjavatraveler.com
Tempat rekreasi di Sidoarjo berikutnya yang bisa menjadi pilihan kamu adalah pantai bekas lumpur lapindo yang terletak di area Kampung Tlocor yang terkenal karena menyugukan pemandangan dan suasana yang cukup menawan. Pasalnya pengunjung akan melihat hamparan lumpur disekitar tempat ini. 

Jika kamu ingin mengunjungi objek wisata dengan suasana yang berbeda, maka kamu bisa langsung ke area Dermaga Tlocor. Suasana pantai yang begitu khas dan unik akan membuat pengunjung mengingat akan pengalaman saat berkunjung ke tempat ini. Tentunya hal tersebut sulit untuk dilupakan.

Alamat: Desa Kedungpandan, Kecamatan Jabon

10). Sop Buntut Depot Langgeng

Sop Buntut Depot Langgeng
Foto: www.wisatamudik.com
Sedang mencari rekomendasi tempat wisata kuliner di Sidoarjo? maka Sop Buntut Depot Langgeng adalah tempat yang tepat. Banyak orang yang bilang jika berkunjung ke Sidoarjo tak lengkap jika bertamu ke tempat kuliner yang satu ini.

Menu andalan dalam tempat ini yakni Sop Buntut Goreng. Pengunjung akan dimanjakan dengan rasa kaldu dari buntut sapi yang khas dan mampu menggoyang lidah. Tertarik menyicipi hidangan yang ditawarkan oleh Sop Buntut Depot Langgeng ini? Silakan berkunjung, dijamin bakalan ketagihan!

Alamat: Jl. KH. Mukmin 67, Sidoarjo

Cara menuju ke Sidoarjo menggunakan Pesawat

Terbanglah menggunakan pesawat dengan tujuan pendaratan Bandara Juanda (SUB), Surabaya. Dari sana, perjalanan bisa dilanjutkan dengan menaiki taksi atau Bus DAMRI yang menuju Terminal Purabaya.

Itulah 10 pilihan tempat wisata di Sidoarjo yang wajib kamu singgahi. Bagi kamu yang memiliki destinasi menarik yang tidak tercantum dalam daftar di atas, maka tidak ada salahnya jika kamu membagikannya via kolom komentar. Happy traveling!