10 Rekomendasi Tempat Wisata Alam di Trenggalek Terbaru 2018

advertisement
Trenggalek merupakan sebuah kabupaten yang berada di provinsi Jawa Timur. Kabupaten yang terletak di sekitaran pesisir pantai selatan ini memiliki sebuah keistimewaan tersendiri bagi para wisatawan. Beragam kuliner khas yang tentunya akan menarik minat kita untuk mencobanya.

Salah satu menu kuliner yang menjadi buruan bagi wisatawan yaitu Sego Gegok. Cita rasa pedas yang dapat membuat keringat becucuran bagi yang mencobanya tetap membuat kita ketagihan ingin mencoba lagi.

Untuk dapat membeli makanan ini, kamu perlu pusat kota atau alun alun, yakni tepatnya berada di depan pendopo kab. Trenggalek. Harga yang ditawarkan juga sangat murah, yaitu hanya Rp 2000,- untuk satu bungkusnya.

Selain menu kuliner yang khas, Trenggalek juga memiliki banyak tempat peristirahatan dan destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi jika sedang di sana. Misalnya seperti pantai, pegunungan, dan masih banyak lagi. Keindahan tempat wisata yang belum banyak diketahui oleh wisatawan memberikan kesan yang masih asri.

Bagi kamu yang berencana berlibur ke kota ini, berikut adalah beberapa objek wisata di Trenggalek Jawa Timur tentunya wajib kamu kunjungi.

Daftar Tempat Wisata Alam di Trenggalek Terbaru

1). Pantai Ngulungwetan

Pantai Ngulungwetan
Foto: www.wisatamu.com
Pantai Ngulungwetan merupakan sebuah pantai yang berada di sebuah desa Ngulungwetan kecamatan Munjungan. Tepatnya berada di arah selatan km 66 dari kota Trenggalek. Luas tempat wisata ini sekitar 9 ha dengan panjang pantai 800 meter.

Airnya yang masih jernih dan bersih membuat pantai Ngulungwetan masih terjaga ke asriannya. Kegiatan yang biasa dilakukan oleh wisatawan disana yaitu menikmati keindahan suasana laut, berenang, berjemur, serta menunggu sunset tiba.

Disekeliling pantai terdapat banyak sekali tanaman kelapa yang tumbuh menjulang tinggi. Pengunjung nantinya bisa beristirahat dibawah pohon sambil menikmati keindahan pantai Ngulungwetan.

Alamat: Ngulungwetan, Munjungan, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur

2). Jurug Waru Dongko

Jurug Waru Dongko
Foto: kameratrenggalek on Instagram
Kecamatan Dongko memiliki sebuah tempat wisata alam yang mempersembahkan keindahan air terjun. Jurug Waru di kelilingi oleh bukit yang terdapat bebatuan besar disisnya. Tebing-tebing tinggi yang berada disekeliling Jurug Waru seakan dapat memanjakan mata bagi yang melihatnya.

Selain keindahan dari bukitnya, Jurug Waru juga memiliki keindahan lainnya, yaitu dasar sungai jernih yang memiliki banyak bebatuan. Jurug ini dinamakan Jurug Waru karena terdapat sebuah air terjun yang berada di antara tebang yang membentu seperti daun waru.

Alamat: Desa pandean, Kecamatan Dongko, Kabupaten Trenggalek

3). Pantai Taman Kili-Kili

Pantai Taman Kili-Kili
Foto: www.wisatamu.com
Selain pantai Ngulungwetan, Trenggalek juga memiliki objek wisata pantai yang berada di desa Wonocoyo, Panggul, Pantai Taman Kili-Kili namanya. Taman Kili-Kili ini berada di sebelah timur pantai Pelang. Sebenarnya untuk kedua pantai ini tidak berada terlalu jauh, hanya saja pantai Pelang ini terpisahkan oleh bukit serta bebatuan yang cukup terjal.

Pemandangan yang disajikan memang tidak seindah pantai Pelang. Pantai ini hanya berisi hamparan pasir yang berada disepanjang tepi pohon pandan laut. Selain itu, Taman Kili-Kili juga dikembangkan sebagai konservasi penyu .

Semenjak dibukanya konservasi tersebut, banyak pengunjung yang ingin melihat dan mencari informasi secara langsung bagaimana perkembangan penyu di pantai tersebut. Konservasi penyu di Taman Kili-Kili bahkan bisa menarik artis salah satu artis Indonesia, yaitu Arumi Bacshin bersama pacarnya dan di dampingi oleh Bupati Trenggalek.

Alamat: Desa Wonocoyo, Kecamatan Panggul, Kabupaten Trenggalek

4). Hutan Mangrove Pancer Cengkrong

Hutan Mangrove Pancer Cengkrong
Foto: www.wisatamu.com
Salah satu tempat rekreasi yang wajib kita kunjungi ketika sedang berada di Trenggalek yaitu Hutan Mangrove Pancer Cengkrong. Letaknya tidak terlalu jauh dari pantai Prigi yang merupakan salah satu pantai tervavorit di kotanya. Hutan Mangrove ini sendiri dikelola oleh Kelompok Masyarakat Pengawas (POKMASWAS).

Sama seperti Hutan Mangrove pada umumnya, Hutan Mangrove Pancer Cengkrong memiliki jembatan yang membentang jauh ke dalam area hutan di atasnya.

Fungsinya yakni agar pengunjung dapat berjalan dan menikmati indahnya Hutan Mangrove Pancer Cengkrong. Di tengah-tengah lokasi, pengunjung bisa menjumpai sebuah jempatan yang dapat menyeberangi aliran sungai dengan warna air yang keruh.

Selain itu terdapat pula perahu kecil yang akan mengantarkan pengunjung berkeliling area Hutan Mangrove. Banyak pengunjung yang rela menunggu dan mengantri menaiki perahu kecil berwarna biru ini hanya ingin menikmati indahnya aliran sungai yang berada di area Hutan Mangrove.

Alamat: Desa Karanggandu, Kecamatan Watulimo, Trenggalek

5). Bukit Banyon

Bukit Banyon
Foto: meylft23 on Instagram
Bagi kamu yang menyukai traveling di alam pegunungan, ada sebuah tempat wisata di Trenggalek yang wajib kamu jelajahi, yaitu Bukit Banyon. Bukit ini menyajikan keindahan alam yang luar biasa, mulai dari sunrise, sunset, dan pemandangan di atas awan yang memanjakan mata.

Tak hanya indahnya lautan awan, pengunjung juga bisa secara langsung menikmati terbitnya sang surya dari ufuk timur. Sunrise nantinya akan muncul di antara sela-sela barisan pegunungan sekitar pukul setengah enam pagi. Pemandangan indah ini tentu banyak di abadikan oleh pengunjung untuk mengambil foto.

Alamat: Desa Widoro Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek

6). Goa Lowo

Goa Lowo
Foto: www.wisatamu.com
Trenggalek juga menyimpan sebuah goa yang menarik minat pengunjung saat sedang berlibur ke sana. Spot wisata yang satu ini kini sudah dikembangkan dan difasilitasi sebagai arena outbound.

Tidak hanya tersedia untuk orang dewasa saja, arena outbound didalamnya juga tersedia untuk anak-anak. Tak heran memang jika kini semakin banyak para wisatawan yang berkunjung ke sana.

Selain arena outbound, banyak pengunjung yang penasaran ingin masuk hingga ke ujung goa untuk dapat melihat lubang matahari. Tepatnya berjarak sekitar 800 meter dari mulut goa. Saat musim penghujan, aliran sungai bawah tanah akan mengalir cukup deras. Dan dinding-dinding goa pun akan dihiasi oleh kelelawar yang bergantung di celah langit goa.

Alamat: Watuagung, Watulimo, Kec. Trenggalek, Jawa Timur

7). Pantai Damas

Pantai Damas
Foto: www.wisatamu.com
Pantai Damas merupakan salah satu pantai yang mempunyai pasir berwarna hitam yang eksotis dan belum banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Pantai ini terletak tidak jauh dari Pantai Prigi, yakni hanya sekitar 5 km saja. Salah satu destinasi wisata di Trenggalek ini berlokasi di Desa Karanggandu, Kec. Watulimo, dengan jarak sekitar 53 km dari pusat kota Trenggalek.

Kegiatan yang biasa dilakukan oleh wisatawan saat mengunjungi pantai ini misalnya seperti bermain voli, berjemur, berenang, berselancar, dan lain-lain. Terdapat pula perahu nelayan disetiap sisi pantai. Wisatawan pun dapat menyewa perahu tersebut untuk dapat berlayar menikmati keindahan Pantai Damas.

Alamat: Desa Karanggandu, Kecamatan Watulimo, Trenggalek

8). Pantai Pelang

Pantai Pelang
Foto: initempatwisata.com
Pantai yang satu ini juga terletak tidak jauh dari Pantai Taman Kili-Kili, yakni hanya terpisahkan oleh bukit tinggi saja.

Walaupun lokasi Pantai Pelang terbilang cukup jauh dari pusat kota Trenggalek, pengunjung tentu tidak akan menyesal saat tiba di pantai ini nantinya. Rasa lelah selama menempuh perjalanan menuju pantai ini akan terbayar dengan pesona alam yang indah.

Di sisi timur Pantai Pelang terdapat sebuah objek wisata goa yang patut kamu kunjungi. Lokasi goa ini kurang lebih 100 meter dari sisi timur pantai. Goa ini sendiri memiliki kedalaman kurang lebih sekitar 500 meter. Selain goa, pantai ini juga menyimpan tempat wisata air terjun, yakni hanya berjarak sekitar 300 meter dari sisi barat pantai.

Selain itu, wisatawan juga dapat menikmati keindahan panorama alam dari ketinggian di atas bukit. Pesona pantai yang indah dan menawan seakan dapat membius mata bagi yang melihat panorama biru laut yang memukau.

Alamat: Desa Wonocoyo, Kecamatan Panggul, Jawa Timur

9). Pantai Karanggongso

Pantai Karanggongso
Foto: www.wisatamu.com
Memang cukup banyak pantai di Trenggalek, salah satu yang mempesona adalah Pantai Karanggongso. Pantai yang memiliki hamparan pasir putih yang sangat bersih ini memiliki cukup banyak bebatuan di setiap bibir pantai.

Selain birunya air laut yang memukau, pantai ini juga menyajikan banyak bebatuan dengan desain indah yang menarik untuk di lihat. Bagi pengunjung yang tidak membawa bekal cukup, pantai ini juga memfasilitasi warung yang menjual makanan ala anak pantai, seperti ikan tuna dan cumi asap.

Alamat: Tasikmadu, Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur

10). Pantai Prigi

Pantai Prigi
Foto: www.pergiberwisata.com
Kondisi pantai yang masih sangat bersih juga terdapat pada Pantai Prigi. Walaupun ada sedikit sisa-sisa sampah di bibir pantai, tapi itu adalah bekas-bekas kelapa dan ranting pohon yang terbawa oleh arus laut.

Hembusan angin yang sejuk dan kencang membuat pengunjung betah untuk tetap menikmati keindahan pantai dari pinggir pantai. Tidak hanya itu, pantai ini juga menyediakan jasa sewa perahu yang dapat pengunjung pakai untuk bisa berkeliling dan menikmati keindahan pesona pantai.

Biaya masuk Pantai Prigi terbilang sangat terjangkau, yakni hanya Rp 7500,- saja untuk orang dewasa. Nah, bagi kamu yang memiliki minim budget dan ingin mengunjungi tempat wisata pantai dengan suasana yang indah dan masih sepi, maka Pantai Prigi adalah jawaban yang tepat.

Alamat: Jl. Raya Pantai Prigi, Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur

Itulah beberapa objek wisata menarik di Trenggalek yang direkomendasikan saat kamu berada di kota tersebut. Manfaatkan keindahan alam yang diberikan oleh Tuhan agar dapat kita nikmati, tetap jaga keindahan tempat wisata dengan tidak membuang sampah sembarangan. Happy traveling!