Top 10 Tempat Wisata di Ambarawa untuk Liburan Akhir Pekan

advertisement
Jika kamu sedang berlibur ke Semarang, tidak ada salahnya jika berkunjung ke daerah pinggiran Selatan Semarang. Sebuah daerah di Semarang yang mempunyai banyak destinasi liburan menarik yang bisa kamu jelajahi, yaitu Ambarawa.

Ambarawa sendiri merupakan sebuah Kecamatan yang masuk kedalam wilayah Kabupaten Semarang. Daerah ini terkenal dengan sejuknya hawa karena berada di daerah pegunungan. Berbeda dengan cuaca di Kota Semarang, sangat panas saat siang hari.

Di Ambarawa, kebanyakan tempat wisata yang akan kamu jumpai yakni tempat bersejarah. Yang di dalamnya berisi peninggalan sejarah yang perlu digali lebih dalam agar menambah pengetahuan. Selain tempat bersejarah, terdapat pula tempat rekreasi yang menyajikan pesona alam yang indah khas Semarang.

Berikut ini beberapa objek wisata di Ambarawa Jawa Tengah yang layak untuk dikunjungi saat sedang berada di kota ini.

1). Rawa Pening

Rawa Pening
Foto: birohumas.jatengprov.go.id
Tempat wisata alam ini sangat identik dengan kota Semarang, Rawa Pening namanya. Sebuah danau yang memiliki luas sekitar 2.670 ha. Danau ini sendiri terletak di antara 4 Kecamatan di Kabupaten Semarang, yaitu Ambarawa, Bawen, Tuntang, dan juga Banyubiru.

Pengunjung yang mendatangi tempat ini akan melihat birunya danau dihiasi dengan banyaknya tanaman enceng gondok di setiap sudutnya. Banyaknya tanaman enceng gondok yang berada di setiap sudut danau di nilai sangat mengganggu kenyamanan. Meskipun begitu, banyak masyarakat yang memanfaatkan tanaman tersebut untuk membuat kerajinan tangan agar bisa meraup rupiah. 

Untuk dapat menuju ke tengah danau Rawa Pening ini, pengunjung bisa menunggangi perahu motor yang bisa kita sewa dengan orang yang memiliki jasa sewa perahu disekitaran danau. Suasana yang begitu indah akan terlihat saat matahari terbenam.

2). Museum Kereta Api Ambarawa

Pada jaman dahulu, Ambarawa merupakan sebuah kota militer. Pada masa kolonial Belanda, Raja Willem I menugaskan anak buahnya untuk membuat sebuah stasuin di Ambarawa yang difungsikan sebagai pengangkut tentara Belanda ke Semarang. Setelah Belanda tidak lagi berkuasa seperti dulu, tempat ini tidak difungsikan lagi sebagai pangakalan stasuin militer. 

Pada tahun 1976 silam, Gubernur Jawa Tengah yang bernama Soepardjo Roestam mengalih fungsikan tempat ini menjadi sebuah museum kereta api. Di dalam museum kereta api ini, pengunjung dapat melihat-lihat koleksi lokomotif kereta api dan juga peralatan komunikasinya yang masih sangat kuno. 

Di tempat ini pengunjung juga bisa menaiki kereta wisata dengan rute Ambarawa-Bedono pp serta Ambarawa-Tuntang pp. Dan Kereta api rute Ambarawa-Bedono nantinya akan melewati rel bergerigi. Di Indonesia sendiri rel bergigi hanya bisa kita jumpai di Sawahlunto dan Ambarawa saja.

Alamat: Jl. Stasiun No. 1, Ambarawa, Jawa Tengah

3). Kampoeng Rawa

Kampoeng Rawa
Foto: www.kompasiana.com
Salah satu tempat wisata keluarga di Ambarawa yang wajib kamu singgahi, yaitu Kampoeng Rawa. Banyak wisatawan yang berpendapat, kalau berkunjung ke Semarang sangatlah rugi jika tidak mengunjungi Kampoeng Rawa. Memang benar, pasalnya tempat ini menyajikan pemandangan danau dan di atasnya terdapat rumah makan yang bisa kita datangi.

Menu-menu yang terdapat di rumah makan tersebut memang terbilang umum seperti rumah makan biasanya, namun suasana yang kita lihat jelas sangat berbeda. Rumah makan ini dioperasikan oleh sekelompok orang yang memiliki profesi sebagai petani dan nelayan di Ambarawa. Adapun fasilitas yang terdapat dalam Kampoeng Rawa di antarnaya seperti restoran apung, pendopo, pusat kerajinan serta tempat pemancingan.

Dari tempat ini, kita dapat melihat indahnya pemandangan Gunung Merbabu dan Telomoyo. Hal tersebut sangat lengkap saat kita merasakan sejuknya hawa dingin di sekitaran Danau Rawa Pening.

Alamat: Jl. Lingkar Selatan KM 03, Ambarawa, Kab. Semarang, Indonesia

4). Objek Wisata Pemandian Muncul

Objek Wisata Pemandian Muncul
Foto: www.inilahtempatwisata.com
Berkunjung ke tempat wisata yang memiliki udara sejuk dan pemandangan yang indah memang sangatlah mengasyikan. Tetapi ada sebuah tempat yang tidak kalah asyik, yaitu sebuah objek wisata kolam renang serta pemandian air yang memiliki rasa dingin yang khas.

Tempat ini sendiri berada di Dusun Muncul, Desa Rowoboni. Agar sampai di tempat ini, pengunjung perlu menempuh berjalanan sekitar 9 km dari kota Salatiga. Dan jika kamu sedang berada di Ungaran, maka akan menempuh jarak yang lebih jauh, yakni sekitar 25 km.

Banyak yang bilang kolam renang ini cukup unik. Memang benar, pasalnya pemandangan yang cukup aneh akan terlihat jelas di dasar kolam, yakni sumber air pemandian. Jangan heran jika saat kamu berenang akan ada ikan-ikan kecil yang juga berenang di kedalaman air kolam. Uniknya lagi, air kolam renang di Pemandian Muncul ini tidak bisa dikeringkan seperti kolam renang biasanya.

Meskipun banyaknya keunikan dan keanehan, sumber air yang berada di kolam renang ini merupakan sumber air dari alam yang juga membuat air ini sangat bersih. Bahkan pengunjung bisa melihat dasar kolam dengan jelas. Segarnya air kolam renang di tempat ini rasanya bisa membuat liburan kamu sekeluarga jadi lebih menyenangkan jika berkunjung ke tempat wisata air ini

Alamat: Dusun Muncul, Desa Rowoboni, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang

5). Benteng Fort Willem I (Benteng Pendem Ambarawa)

Benteng Fort Willem I
Foto: www.ardiyanta.com
Selain musem kereta api, tempat peninggalan sejarah yang tak kalah menariknya yaitu Benteng Fort Williem I atau yang dikenal dengan Benteng Pendem Ambarawa. Dahulu, benteng ini dijadikan sebagai keperluan perang layaknya benteng-benteng pada umumnya.

Sejak tahun 2003, benteng ini difungsikan sebagai lapas. Beberapa bagian benteng disekitar tempat ini bahkan dijadikan sebagai tempat tinggal. Namun, kita tetap diijinkan untuk berjalan mengitari benteng ini untuk sekedar berfoto dan melihat-lihat suasana tempo dulu.

Alamat: Lodoyong, Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah

6). Pasar Bunga Bandungan

Pasar Bunga Bandungan
Foto: beritadaerah.co.id
Kamu pecinta bunga? maka sangatlah tepat jika berkunjung ke Pasar Bunga Bandungan. Bandungan sendiri adalah daerah yang berada di kaki gunung Ungaran. Tak heran jika suasana di tempat ini sangatlah dingin dan sejuk. Hebatnya lagi, kamu juga bisa melihat indahnya suasana gunung Merbabu, Gunung Merapi, Gunung Ungaran, dan lainnya.

Jika ke Bandungan, jangan lupa untuk berkunjung ke Pasar Bunga Bandungan. Pasar tersebut tepatnya berletak dekat dengan pasar tradisional Bandungan. Meskipun ukuran pasarnya tidak terlalu besar, namun bagi kamu pecinta bunga rasanya bisa melihat beragam jenis bunga yang indah dan cantik sudah sangat puas.

Kamu harus datang ketempat ini dari pukul 04:30 sampai sebelum pukul 09:00 pagi. Karena di atas waktu tersebut, pasar itu telah bubar. Harga bunga-bunga yang terdapat di pasar tersebut tidak semahal apa yang kamu bayangkan.

Karena di Pasar Bunga Bandungan, semua bunga memiliki harga yang murah dan langsung dipotong dari petani setempat. Terdapat beragam jenis bunga di antaranya seperti Dahlia, Lili, Mawar, yang dijual dengan harga yang murah. Meskipun murah, tapi tidak murahan.

Alamat: Jl. P.Diponegoro, Jetis, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah

7). Monumen Palagan Ambarawa

Monumen Palagan Ambarawa
Foto: hamidanwar.blogspot.co.id
Setelah proklamasi kemerdekaan pada 17 Agustus 1945, terjadi sebuah pertempuran hebat di daerah Ambarawa, Pertempuran tersebut berlangsung pada tanggal 12 Desember - 15 Desember 1945. Oleh masyarakat setempat, kejadian tersebut dikenal dengan pertempuran Palagan Ambarawa.

Sebagai sebuah bentuk apresiasi untuk mengenang pertempuran tersebut, dibuatlah sebuah Monumen besar dengan nama Palagan Ambarawa. Monumen ini sendiri merupakan sebuah monumen terkenal di Ambarawa. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya pengunjung yang berdatangan setiap waktunya. 

Di dalam bangunan monumen, terdapat banyak koleksi-koleksi yang terkait dengan pertempuran saat itu, yaitu seperti senjata perang, seragam tentara Indonesia dan juga Jepang. Salah satu koleksi yang paling menarik minat pengunjung untuk melihatnya yaitu sebuah pesawat Mustang milik Belanda yang berhasil ditembak dan jatuh ke Rawa Pening.

Alamat: Jl. Mgr. Sugiyopranoto, Panjang, Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah

8). Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo
Foto: www.way2east.com
Semarang memang menyimpan banyak tempat berpeninggalan sejarah yang perlu menarik untuk kita kunjungi, salah satunya yaitu Candi Gedong Songo di Dusun Darum, Desa Candi. Candi Gedong Songo ini berada di lereng Gunung Ungaran bagian selatan. Wajar jika pengunjung nantinya akan merasakan suasana sejuk khas pegunungan.

Sebuah objek wisata sejarah yang sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Sesuai dengan namanya, Gedong Songo yang berarti terdapat 9 bangunan candi yang tersebar di tempat ini. Selain melihat peninggalan candi jaman dulu, kita juga bisa merasakan sejuknya hawa pegunungan dan indahnya pesona alam.

Alamat: Desa Candi, Kec. Bandungan, Semarang, Jawa Tengah

9). Gua Maria Kerep Ambarawa

Gua Maria Kerep Ambarawa
Foto: kherykey on Instagram
Jika sedang berkunjung ke Semarang, ada baiknya mengunjungi sebuah objek wisata yang berada di Desa Kerep, Gua Maria Kerep Ambarawa namanya.

Selain fungsinya sebagai tempat ibadah, tempat religi ini tidak hanya dikunjungi oleh umat katolik saja, namun umat lainnya seperti agama Kristen, Islam, Budha, Hindu juga dapat mengunjungi tempat ini.

Di dalam tempat ini terdapat sebuah patung berukuran besar bernama patung Maria Lourdes. Biasanya banyak umat Katolik berkunjung dan berziarah ke Gua Maria ini pada hari Minggu. Jumlah pengunjung bahkan pernah mencapai 8 ribu orang.

Alamat: Jl. Tentara Pelajar, Kerep. Kelurahan Panjang. Kecamatan Ambarawa, Jawa Tengah

10). Eva Coffee House

Pagi hari saat sedang bepergian keluar Semarang, maka Eva Coffe House adalah tempat yang tepat mengisi perut sambil beristirahat sejenak. Jika merasa sudah kenyang, kamu bisa mencoba salah satu menu andalan di tempat ini, yakni tahu hangat. Tahu tersebut sangat cocok disantap bersamaan dengan cabe rawat atau saos kecap yang tersedia.

Namun, kopi lah yang menjadi hidangan favorit bagi para pengunjung yang datang ke tempat ini. Kopi Eva yang panas sangatlah cocok apabila di nikmati dengan suasana Ambarawa yang sejuk di pagi hari.

Sesuai dengan namanya, restoran ini terkenal dengan kopinya. Kopi yang dihidangkan di tempat ini melalui proses pemetikan dari kebun seluas 3 ha milik pribadi yang berada di sekitar restoran ini. Tanaman kopi tersebut telah di buat sejak 1958.

Alamat: Jalan Raya Ambarawa-Magelang, Desa Bejono, Kec. Jambu, Ambarawa, Jawa Tengah


Cara menuju ke Ambarawa menggunakan Pesawat

Naiklah pesawat ke bandara terdekat Ambarawa, yaitu Bandara Achmad Yani (SRG), Semarang. Setelah itu, lanjutkan kembali perjalanan ke Ambarawa menggunakan mobil sewa atau taksi yang ada di sekitar bandara.


Cari Penginapan atau Hotel di Ambarawa?

Penginapan atau hotel di Ambarawa sendiri masih sedikit jumlahnya. Namun kamu bisa menjumpai hotel terdekat Ambarawa seperti Salatiga yang bisa ditempuh dalam waktu sekitar 30 menit.

Itulah beberapa tempat wisata menarik di Ambarawa yang bisa kamu datangi di akhir pekan. Selain daftar destinasi wisata di atas, jika kamu punya rekomendasi tempat lainnya di Ambarawa, jangan sungkan untuk berbagi via kolom komentar, ya. Happy traveling!


Sampaikan Tanggapan & Pertanyaanmu via form komentar di bawah:

Posting Komentar