10 Rekomendasi Tempat Wisata di Bojonegoro Terbaru 2018

Bojonegoro merupakan sebuah kabupaten yang terletak di provinsi Jawa Timur, Indonesia. Nama Ibu kotanya sendiri yaitu Bojonegoro. Bojonegoro berbatasan dengan sejumlah kabupaten, di antaranya seperti Tuban, Nganjuk, Madiun, dan lain-lain.

Mungkin sudah banyak orang yang tahu kalau Bojonegoro terkenal sebagai penghasil kayu jati ekspor yang berkualitas. Namun di balik itu semua, kota ini juga memiliki kekayaan alam yang sangat melimpah. Dengan demikian, maka terdapat banyak spot wisata di Bojonegoro yang mungkin menarik untuk kamu kunjungi.

Selain mempunyai banyak destinasi wisata menarik, kota ini juga memiliki berbagai kuliner khas yang dapat memanjakan lidah. Beberapa kuliner khas yang cukup di kenal oleh para pelancong di antaranya seperti Rica-rica Bebek Alun-alun Bojonegoro, Wedang Tape, dan masih banyak lagi.

Daftar Tempat Wisata di Bojonegoro

1). Air Terjun Nglirip

Air Terjun Nglirip
Foto: hilmy_yashar on Instagram
Air Terjun Nglirip merupakan tempat wisata air terjun berada di Desa MulyoAgung. Ternyata, objek wisata yang cukup populer di mata traveler ini memiliki mitos tersendiri. Mitos yang paling terkenal adalah konon bagi pengunjung yang mandi di air terjun ini, maka akan dimudahkan untuk mendapatkan jodoh.

Selain dikenal dengan banyak mitosnya, air terjun ini menyajikan keindahan yang tiada tara. Air terjin setinggi 40 meter seakan-akan dapat membius matamu saat melihatnya. Apalagi jika dilihat dari jarak jauh, warna Air Terjun Nglirip ini akan terlihat berwarna kehijau-hijauan didampingi dengan pepohonan yang rimbun disebelah kucuran air terjun, sungguh sangat indah.

Alamat: Mulyoagung, Singgahan, Kabupaten Tuban, Jawa Timur 62361

2). Negeri Atas Angin

Negeri Atas Angin
Foto: aristiavika on Instagram
Salah satu tempat wisata yang menyajikan keindahan pesona alam dan banyak dikunjungi oleh wisatawan yaitu Negeri Atas Angin. Dinamai Negeri Atas Angin karena atas angin adalah nama sebuah desa yang berada di kecamatan Sekar, sebuah daerah yang berada di Bojonegoro bagian selatan yang berbatasan dengan Madiun.

Untuk dapat menikmati keindahan alam dari ketinggian, kamu perlu menaiki bukit cinta. Untuk mencapai bukit ini, kamu setidaknya harus berjalan sekitar 10 menit dari tempat parkir kendaraan. Dan di atas bukit inilah nantinya kamu bisa menikmati keindahan pesona alam berupa sunrise ataupun sunset.

Bukit cinta sendiri berada di ketinggian sekitar 650 meter di atas permukaan air laut. Bisa dibayangkan, betapa indahnya hamparan alam yang sangat indah yang bisa kamu lihat nantinya. Kesejukan udara di atas Bukit Cinta ini mungkin akan membuatmu tak ingin pulang kerumah.

Alamat: Deling, Sekar, Kec. Bojonegoro, Jawa Timur

3). Air Terjun Kedung Maor

Air Terjun Kedung Maor
Foto: wahyu_sbp on Instagram
Bojonegoro ternyata juga menyimpan objek wisata air terjun yang tak kalah indahnya dari Air Terjun Nglirip, yaitu Air Terjun Kedung Maor. Air terjun ini sendiri terletak di desa Kedungsari.

Spot wisata yang satu ini ternyata mulai populer ditelinga wisatawan. Namun, untuk menuju lokasi kedung, wisatawan harus melewati jalur turunan yang cukup terjal. Apalagi saat musim hujan tiba, maka bisa dipastikan kalau jalan ini cukup sulit untuk dilalui karena licin.

Lokasi Air Terjun Kedung Maor ini berada di tengah kawasan hutan jati. Bisa dibayangkan betapa banyaknya pepohonan jati menjulang tinggi di sana. Namun kamu tidak perlu khawatir, banyaknya penunjuk arah di setiap sudut julan akan mempermudahmu untuk cepat sampai ke lokasi Kedung Maor.

Sesampainya di lokasi air terjun, kamu akan melihat pemandangan tebing yang indah. Aktivitas yang biasa dilakukan oleh wisatawan pada umumnya yakni berfoto, bersantai, atau sekedar bermain air di pinggiran. Kedalaman Kedung Maor sendiri yakni sekitar 7 meter. Maka jika kamu tak pandai berenang, sebaiknya menghindari berenang di tempat ini.

Alamat: Kedungsari, Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur 62184

4). Wana Wisata Dander

Wana Wisata Dander
Foto: explora_dander on Instagram
Wana Wisata Dander mungkin menjadi salah satu tempat rekreasi yang cukup populer dikalangan pecinta traveling. Objek wisata yang berada di desa Dander ini menawarkan pesona alam yang sangat indah.

Di dalam taman wisata ini, terdapat spot-spot menarik untuk disambangi, yakni kolam renang, lapangan golf, ATV, dan outbound. Jika ingin berkunjung kesini kamu tak perlu membawa ekstra perbekalan, karena di dalam tempat ini juga banyak pedagang yang menjajakan makanan maupun minuman. 

Alamat: Dander, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur 62171

5). Sendang Grogolan

Sendang Grogolan
Foto: cfadheli on Instagram
Jika kamu sedang berlibur ke Bojonegoro, maka tempat wisata baru bernama Sendang Grogolan ini seharusnya tidak boleh terlupakan. tepatnya berada di desa Ngunut. Pasalnya objek wisata yang satu ini sangat menyenangkan karena didukung dengan pemandangan alam yang indah.

Nantinya kamu dapat bermain arung jeram atau rafting di sungai ini. Maka dari itu tempat ini sangatlah cocok untuk tempat refreshing maupun liburan keluarga.

Lokasi: Desa Ngunut, Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro

6). Air Terjun Krondonan

Air Terjun Krondonan
Foto: qodri_r on Instagram
Air Terjun Krondonan yang satu ini mungkin belum banyak dikenal oleh wisatawan. Alasannya mungkin karena akses untuk menuju lokasi air terjun lumayan jauh, karena harus melewati hutan jati terlebih dahulu.

Namun, sulitnya pencapaian ke tempat lokasi air terjun akan terbayar sesampainya di sana. Pesona alam yang indah dan memukau dapat membuatmu takjub.

Alamat: Kadipaten, Gondang Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur 62111

7). Kayangan Api

Kayangan Api
Foto: adhityananta on Instagram
Ini dia tempat wisata yang cukup ngehits di Bojonegoro, Kayangan Api namanya. Konon menurut cerita api yang keluar dari perut bumi ini sudah ada sejak jaman majapahit, uniknya api tersebut tak kunjung padam hingga sekarang.

Menurut cerita legenda, api ini dinyalahkan oleh seorang pembuat senjata kerajaan Majapahit, ia bernama Mpu Supo. Sejak saat ingin melakukan pertapaannya, ia menyalahkan api pada kumpulan batu yang berada di sebelahnya. Hingga saat itulah api ini tak kunjung padam. 

Namun menurut penelitian, api yang menyala ini berasal dari perut bumi yang memiliki gas serta minyak bumi yang sangat berlimpah yang merembes melalui celah-celah batu. Sehingga terciptalah api yang abadi.

Karena destinasi wisata yang satu ini sangat unik, maka tidak heran banyak orang yang penasaran akan hal ini sehingga tempat ini tak kunjung sepi.

Alamat: Desa Sendangharjo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur

8). Waduk Pacal

Waduk Pacal
Foto: sholehuddin_afif on Instagram
Jika kamu ingin mencari spot wisata dengan suasana yang sejuk dan tenang, maka tidak ada salahnya jika kamu mencoba berkunjung ke Waduk Pacal. Waduk yang berada di Bojonegoro ini menyajikan pemandangan alam yang indah dan memukau. Pasalnya waduk ini dikelilingi oleh bukit-bukit serta pepohonan yang mempesona.

Nama waduk ini sendiri di ambil dari nama daerah waduk dibangun, yakni berada di desa Pacal. Salah satu daya tarik wisatawan terhadap Waduk Pacal ini yakni karena kemegahan bangunan peninggalan zaman belanda yang berada di lokasi ini. Selain itu, panorama alam dan hutan jati yang indah mungkin mampu memberikan daya tarik sendiri.

Alamat: Desa Kedungsumber, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur

9). Mata Air Desa Sumberarum

Mata Air Desa Sumberarum
Foto: siollok on Instagram
Mungkin salah satu cara untuk menghilangkan rasa lelah pada tubuh yaitu dengan melakukan berenang. Apalagi kalau berenang di kolam Mata Air Desa Sumberarum, dijamin deh badanmu langsung fresh.

Lokasi tempat wisata ini berada di desa Sumberarum, Dander. Segarnya sumber mata air di kolam air ini membuatmu betah berlama-lama berenang. Pasalnya air yang jernih dan dingin juga akan membuatmu nyaman berada di kolam ini.

Selain sumber mata air, kamu pun bisa melihat beberapa goa yang berada di desa ini. Terdapat pula beberapa aliran sungai yang dapat kamu nikmati untuk sekedar bermain air. Biaya masuk yang murah meriah membuat tempat rekreasi yang satu ini tak kunjung sepi dari wisatawan.

Lokasi: Desa Sumberarum, Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro

10). Javanilla Resto

Javanilla Resto
Foto: javanillaresto on Instagram
Setiap daerah tentu memiliki tempat wisata kuliner andalan, begitupun dengan Bojonegoro. Di Bojonegoro sendiri nama Javanilla Resto yang mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat sekitar. Bagi pecinta kuliner, maka sudah wajib hukumnya jika mampir rumah makan yang berada di Jalan Untung Suropati Nomor 59 ini.

Tempat ini menyediakan berbagai pilihan masakan yang lezat, seperti iga bakar, sop buntut kuah, tahu crispy, dan masih banyak lagi. Selain itu, Javanilla juga memiliki sajian roti yang berkualitas dengan harga terjangkau. Menu yang lengkap serta harga makanan yang serba murah membuat tempat ini tak pernah sepi dari pengunjung.

Alamat: Jalan Untung Suropati No. 59, Kec. Bojonegoro, Jawa Timur

Cara menuju ke Bojonegoro menggunakan Pesawat atau Kereta Api

Pesawat Terbang

Dikarenakan di Bojonegoro tidak ada bandara, maka terbanglah menuju bandara terdekat yaitu Bandara Internasional Juanda (SUB), Surabaya. Setibanya di sana, lanjutkan perjalanan menggunakan Bus DAMRI atau taksi ke Terminal Bungurasih, Surabaya dan lalu berganti bus dengan tujuan Terminal Rajekwesi, Bojonegoro.

Kereta Api

Sebagai transportasi yang murah dan cepat, kereta api menjadi salah satu transportasi favorit bagi travelers. Perjalanan ke Bojonegoro kamu bisa memilih untuk menuju stasiun; Bojonegoro (BJ), Kalitidu (KIT), atau Sumberrejo (SRJ).

Cari Penginapan atau Hotel di Bojonegoro?

Seperti di kota-kota lainnya, di Bojonegoro pun kamu bisa menemukan penginapan atau hotel dengan harga terjangkau mulai dari seratus ribuan per malam hingga hotel bintang 4 dan 5 dengan kisaran harga 500 sampai 1 juta rupiah. Kalau kamu mengincar hotel murah, segeralah booking supaya tak kehabisan kamar.

Ternyata tempat wisata di sekitar Bojonegoro keren juga kan untuk mengisi liburan? Bagi kamu traveler asli kota ini mungkin menurutmu ada destinasi menarik lainnya yang belum termuat. Kami sangat senang jika kamu berbagi, caranya dengan mengisi kolom komentar, ya. Happy traveling!