10 Tempat Wisata Hits di Boyolali, Kamu Sudah ke Sana?

advertisement
Boyolali dikenal oleh masyarakat umum sebagai kota penghasil susu sapi murni terbesar yang ada di Jawa Tengah. Karena kualitasnya yang bagus, beberapa kafe dan warung di daerah Yogyakarta dan Solo mempercayai dan memproduksi susu sapi murni dari Boyolali. Dan karena kenikmatannya juga, susu murni ini diproduksikan ke kota-kota besar.

Selain itu, Boyolali juga dikenal memiliki udara yang sejuk. Hal ini dikarenakan lokasi Boyolali yang berada tepat dibawah kaki gunung Merapi dan Merbabu. Maka dari itu, sangatlah cocok jika daerah tersebut dijadikan sebagai tempat wisata.

Salah satu spot wisata favorit para wisatawan khususnya pendaki saat berkunjung ke Boyolali yaitu Gunung Merbabu. Gunung merbabu memang sangat cantik. Jika cuaca sedang bagus, mungkin banyak para pendaki yang berpikir untuk tidak pulang dan menetap di atas gunung dalam waktu yang lama.

Selain Merbabu, ada beberapa objek wisata di Boyolali Jawa Tengah yang sedang populer. Apa saja?

1). Lembah Gunung Madu

Lembah Gunung Madu
Foto: aguswida on Instagram
Mendengar namanya, mungkin banyak orang yang mengira bahwa tempat rekreasi yang satu ini berkaitan dengan madu. Gunung Madu sendiri merupakan sebuah tempat bersejarah.

Pada jaman dahulu, Lembah Gunung Madu sempat dijadikan tempat persembunyian oleh masyarakat setempat dari penjajah Jepang. Buktinya di dalam tempat tersebut masih terdapat 5 goa bekas peninggalan zaman penjajahan.

Saat berkunjung kesini, biasanya para wisatawan yang datang hanya sekedar berfoto dan melihat-lihat suasana. Selain itu, tempat ini juga biasa digunakan oleh masyarakat sekitar untuk berolahraga lari. Pada hari libur, tempat ini dibanjiri oleh warga sekitar maupun dari luar kota. Biaya masuk ke tempat ini sendiri yaitu gratis. Hanya bayar ongkos parkir saja yakni Rp 2000,-.

Alamat: Simo-Klego, Boyolali, Jawa Tengah

2). Air Terjun Kedung Kayang

Air Terjun Kedung Kayang
Foto: sarychiemumu on Instagram
Boyolali menyimpan tempat wisata air terjun yang cukup digemari oleh wisatawan, yakni Air Terjun Kedung Kayang. Air terjun ini terletak diantara gunung Merapi dan Merbabu, juga berjarak 950 meter dari permukaan laut yang letaknya dianara kabupaten Magelang dan Boyolali.

Banyak pengunjung yang puas saat mengunjungi destinasi wisata ini. Air terjun yang deras serta dingin mungkin menjadi alasan pengunjung menyukainya. Untuk sampai ke tempat kolam air terjun tersebut, kamu harus berjalan kaki mengikuti rute yang ada sekitar 25 menit.

Setelah sampai, biasanya pengunjung melakukan aktivitas berenang atau sekadar berfoto-foto. Rasa letih selama perjalanan tentu akan terbayar saat bermain air di tempat wisata ini.

Alamat: Jalan Ketep Pass, Wonolelo, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah 56481

3). Ekowisata Taman Air Tlatar

Ekowisata Taman Air Tlatar
Foto: yohanachristin16 on Instagram
Objek wisata yang satu ini merupakan sebuah Taman Air yang diberi nama Ekowisata Taman Air Tlatar. Tempat ini dibangun dengan tujuan untuk memanfaatkan sumber daya alam yang berlimpah. Tempat wisata yang berada di Tlatar ini dibangun pada 1997.

Di area wisata air ini, kita bisa melakukan berbagai kegiatan, misalnya seperti budidaya ikan, kolam renang, maupun sekolah renang. Biasanya tempat ini dibanjiri oleh rombongan anak-anak dari sebuah sekolahan. Memang tempat-tempat seperti ini sangat baik untuk memberi pengetahuan kepada mereka.

Alamat: Gombol, Tlatar, Kebonbimo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah

4). New Selo

New Selo
Foto: zellaendksr on Instagram
New Selo adalah tempat yang cocok untuk wisatawan yang ingin menikmati pemandangan gunung Merbabu. Pasalnya dari tempat ini kita akan melihat langsung pemandangan gunung Merbabu yang berdiri tepat di depan lokasi ini. Lokasi New Selo sendiri berada di ketinggian yang memungkinkan pengunjung untuk melihat hijaunya pemandangan dari atas.

Biasanya para pendaki yang ingin ke Merbabu akan melewati New Selo. Dan di tempat inilah para pendaki biasa bersantai untuk mengisi perut mereka. Terdapat banyak warung-warung maupun pedagang kaki lima yang menjajakan makanan dan minuman dengan harga murah.

Alamat: Dk Plalangan, Lencoh, Selo, Kec. Boyolali, Jawa Tengah

5). Gunung Merbabu

Gunung Merbabu
Foto: dodolkopi on Instagram
Salah satu objek wisata pegunungan yang menarik minat para pendaki yaitu Gunung Merbabu. Letak gunung ini berada di antara Kab. Boyolali, Magelang dan kota Salatiga. Salah satu jalur pendakian yang berada di gunung ini yakni Jalur Selo di Boyolali. 

Selain jalur Selo, sebenarnya masih ada dua jalur lainnya yang bisa kamu pilih, yaitu Cunthel serta Wekas. Nah, kita pun bebas untuk memilih jalur mana yang ingin kita lewati, tergantung darimana kita berasal. Namun berdasarkan pengalaman para pendaki, jalur Selo lah yang menjadi jalur favorit.

Saat melintasi jalur Selo, pendaki akan melihat pemandangan yang tersaji yang sangat mengesankan. Sejuknya udara disekitaran badan gunung juga membuat tubuh para pendaki menjadi segar walau sudah menempuh perjalanan jauh. Pendaki juga akan melewati padang sabana yang luas dan berbunga, sungguh pemandangan yang indah.

6). Kampoeng Air Kragilan

Kampoeng Air Kragilan
Foto: wennpra on Instagram
Boyolali ternyata menyimpan sebuah tempat wisata alam yang menarik untuk dikunjungi, yaitu Kampoeng Air Kragilan. Lokasinya tepatnya berada di Dukuh Watugenuk, Desa Kragilan.

Dahulunya, tempat ini merupakan suatu sungai dan tanah kas desa yang tidak dikelola oleh warga setempat dengan produktif. Dan kini tempat ini dijadikan sebagai tempat liburan yang cukup diminati oleh pengunjung yang berasal dari dalam kota maupun luar kota.

Objek wisata Kampoeng Air ini menyediakan beberapa fasilitas menarik yang disiapkan untuk wisatawan yang datang. Nah, diantaranya yaitu kolam arus, rumah makan Resto Gazebo, dan yang menarik adalah rumah batu mirip di film Harry Potter.

Alamat: Kragilan, Mojosongo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah 57323

7). Waduk Kedung Ombo

Waduk Kedung Ombo
Foto: ngono_wae on Instagram
Kedung Ombo merupakan sebuah waduk besar yang berletak di wilayah tiga kabupaten, yaitu Boyolali, Sragen serta Grobogan. Waduk tersebut diberi nama Waduk Kedung Ombo. Fungsi utama tempat ini sebenarnya untuk mengairi pesawahan disekitar. Namun, seiring banyaknya minat masyarakat yang datang kesini maka dijadikanlah tempat ini sebagai objek wisata.

Di area tempat ini pengunjung nantinya akan menyaksikan pemandangan rumput hijau yang sangat luas dan memukau. Di sana pun terdapat sebuah tempat pasar tradisional yang dikelola oleh warga setempat. Nantinya kita bisa memesan ikan bakar yang secara langsung di ambil dari waduk tersebut. Selain itu, terdapat pula fasilitas lainnya seperti camping ground, tempat pemancingan serta hutan wisata.

8). Umbul Pengging

Umbul Pengging
Foto: andrisetyo24 on Instagram
Salah satu tempat wisata air di Boyolali yang cukup menarik minat traveler lokal maupun daerah adalah Umbul Pengging. Di dalam tempat ini terdapat sebuah kolam pemandian berukuran besar yang cocok untuk berenang. Lokasi objek wisata ini sendiri terletak di Desa Pengging.

Di objek wisata Umbul Pengging ini terdapat tiga macam kolam renang yang memiliki nama tersendiri, di antaranya yaitu Umbul Ngabean, Umbul Temanten, Umbul Sungsang. Tersedia juga kolam pemandian khusus anak-anak yang dilengkapi permainan bola dan pelampung. Objek wisata ini sangat cocok tentunya untuk liburan keluarga bersama anak-anak.

Alamat : Desa Pengging Kecamatan Banyudono Kabupaten Boyolali Jawa Tengah

9). Waduk Cengklik

Waduk Cengklik
Foto: nurul_mdlfh on Instagram
Selain Waduk Kedung Ombo, kamu juga akan tertarik untuk mengunjungi spot wisata yang satu ini, yaitu Waduk Cengklik. Tempat wisata yang satu ini berada di Desa Ngargorejo. Lebih tepatnya tempat ini berada di sebelah barat dari Bandara Adi Sumarno.

Walaupun bukan tempat yang cukup dikenal oleh banyak orang, tempat ini mempunyai pemandangan yang memanjakan mata. Pada saat sore atau pagi hari, Merapi dan Merbabu akan tampak terlihat dari Waduk Cengklik, sungguh pemandangan yang sangat indah.

Momen saat sunset dan sunrise tentunya tidak akan kita lewatkan begitu saja, yakni memfotonya. Sungguh pengalaman yang tidak akan terlupakan.

Alamat: Desa Ngargorejo, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah

10). Soto Seger Mbok Giyem

Soto Seger Mbok Giyem
Foto: sangpemburusenja on Instagram
Sedang mencari rekomendasi tempat wisata kuliner di Boyolali? Nih coba Soto Seger Mbok Giyem. Soto ini merupakan kedudukan penting dalam daftar kuliner di Boyolali. Bahkan kemunculannya membuat kuliner yang berada di kota kecil ini terkenal hingga di beberapa kota besar.

Sesuai dengan namanya, Soto Seger Mbok Giyem ini memang benar-benar seger. Yang membuat soto ini menjadi sangat spesial dimata orang banyak yakni rasa kuahnya yang gurih dan menyegarkan. Selain itu, terdapat dua pilihan rasa yang wajib kita coba satu persatu, yaitu soto ayam dan soto sapi. Tapi dari keduanya yang paling populer atau diminati oleh pengunjung yaitu soto sapi.

Menariknya, di meja tempat kamu makan nanti terdapat makanan kecil sebagai pendamping untuk soto. Ada sate ayam, sate babat, sate kikil. sate ampela, gorengan, dan berbagai macam makanan kecil lainnya. Menyicipi satu mangkuk kecil Soto Seger Mbok Giyem rasanya masih kurang dan ingin mencobanya lagi. Kamu penasaran? Coba saja sendiri.

Alamat: Jl. Pandanaran No. 257, Kec. Boyolali, Jawa Tengah

Cara menuju ke Boyolali menggunakan Pesawat

Dari bandara di kotamu, terbanglah menggunakan pesawat menuju bandara terdekat Boyolali, yaitu Bandara Adisumarmo (SOC), Solo. Sesampainya di sana, kamu perlu melanjutkan perjalanan menggunakan taksi atau mungkin kendaraan lain ke Boyolali. Perjalanan dari bandara ke kota Boyolali ini memakan waktu sekitar 10 menit.

Cari Hotel di Boyolali?

Di Boyolali dan sekitarnya kamu bisa menjumpai hotel bintang 1 hingga bintang 5. Hotel yang ada di sana mempunyai tarif yang cukup terjangkau. Bahkan kamar di hotel bintang 5 bisa kamu dapatkan dengan harga 200 ribuan di hari tertentu saat ada diskon besar-besaran.

Itulah beberapa tempat wisata di kabupaten Boyolali yang populer. Kalau kamu punya destinasi wisata terindah dan menarik lainnya yang belum masuk dalam daftar di atas. Beritahu kami via kolom komentar, ya. Happy traveling!


Sampaikan Tanggapan & Pertanyaanmu via form komentar di bawah:

Posting Komentar