10 Rekomendasi Tempat Wisata di Magetan Terbaru 2018

advertisement
Magetan merupakan sebuah kabupaten yang berada di provinsi Jawa Timur. Kabupaten ini sendiri berbatasan langsung dengan Madiun, Ponorogo, serta Karanganyar. Magetan sangat terkenal dengan kerajinan kulit yang berkualitas.

Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya produksi kerajinan kulit yang biasa digunakan oleh orang, seperti jaket kulit, dompet, tas, dan yang paling terkenal yakni sepatu kulit asli buatan Magetan.

Selain kaya akan kerajinan industrinya, ternyata Magetan juga memiliki potensi destinasi wisata yang cocok untuk dikunjungi saat musim libur tiba. Berbagai macam objek wisata menarik bisa kamu pilih, mulai dari air terjun, gunung, dan lain sebagainya.

Daftar Tempat Wisata di Magetan

1). Kampoeng Pinus Sarangan

Kampoeng Pinus Sarangan
Foto: afgrahani on Instagram
Untuk mengisi waktu liburan memang sudah seharusnya mencari spot-spot wisata yang menyenangkan. Jika kamu ingin berkunjung ke Magetan dan bingung mencari destinasi liburan yang seru dan menyenangkan, maka Kampoeng Pinus Sarangan merupakan pilihan yang tepat.

Pasalnya tempat wisata alam ini cukup terkenal dan difavoritkan oleh para pelancong yang berlibur ke Magetan. Berbagai edukasi serta rekreasi keluarga bisa kamu dapatkan di sini, mulai dari bermain ATV, outbound, paintball, flying fox, downhill, dan masih banyak wahana menarik lainnya. Salah satu wahana favorit yakni area outbound.

Banyaknya pohon pinus yang menjulang tinggi dan semua bangunan yang terbuat dari bahan bambu membuat tempat wisata ini terkesan alami. Udara sejuk di kawasan Kampoeng Pinus Sarangan mungkin akan membuatmu betah berlama-lama. Mungkin tempat rekreasi ini sangat cocok untuk mengajak sanak keluarga berlibur.

Alamat: Jl. Ngroto Sarangan, Sarangan, Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur 63361

2.). Air Terjun Tirtasari

Air Terjun Tirtasari
Foto: vinda_w_a on Instagram
Ingin merasakan sensasi udara segar di antara indahnya pesona alam yang memukau? Nih coba kunjungi Air Terjun Tirtasari. Curug ini terletak di desa Ngancar. Untuk sampai kelokasi curug, kamu perlu berjalan sekitar 1 km dari tempat parkir. Nah, untuk biaya sewa parkir kamu harus membayar Rp. 9.000,-.

Tak heran jika curug atau Air Terjun Tirtasari ini memiliki udara yang sangat sejuk dan segar. Karena letak curug ini berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut. Bisa dibayangkan kan betapa segarnya air yang berada di curug ini?

Alamat: Dukuh Ngluweng, Desa Ngancar, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan

3). Telaga Sarangan

Telaga Sarangan
Foto: heprianto_akbar on Instagram
Telaga Sarangan atau yang lebih akrab disebut sebagai Telaga Pasir ini merupakan sebuah telaga alami yang berletak di lereng Gunung Lawu, kecamatan Plaosan, kabupaten Magetan. Telaga dengan luas sekitar 30 hektare ini ternyata menjadi tempat wisata favorit bagi para turis yang berkunjung ke Magetan. 

Selain itu, telaga ini juga berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut, dan berjarak hanya sekitar 16 kilometer arah barat kota Magetan. Karena letaknya yang dekat dengan lereng Gunung Lawu, maka tak heran jika objek wisata yang menjadi maskot di kota Magetan ini memiliki udara yang sejuk dan segar.

Aktivitas yang biasa dilakukan oleh turis di sana yakni berperahu mengitari telaga untuk menikmati pesona alam yang indah. Adapun fasilitas penunjang untuk para turis, mulai dari tempat penginapan, mushola, tempat parkir, rumah makan, taman bermain, dan masih banyak lagi.

Alamat: Desa Sarangan, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan

4). Gunung Lawu

Gunung Lawu
Foto: ekhwan_tris_wanto on Instagram
Ternyata Magetan juga memiliki salah satu gunung favorit bagi para pendaki, Gunung Lawu namanya. Gunung ini berletak di antara Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Walaupun gunung ini memiliki beberapa cerita mistis, namun pendaki selalu ingin kembali ke sana setelah berhasil melakukan pendakian di Gunung Lawu.

Bagi kamu yang ingin mengunjungi Gunung Lawu, mungkin kamu bisa melewati jalur Cemorokandang di Tawangmangu dan Cemorosewu di Sarangan. Kedua basecamp tersebut hanya berjarak sekitar 200 meter saja. 

Gunung Lawu sendiri memiliki tiga puncak, yakni Puncak Hargo Dalem, Hargo Dumiling dan Hargo Dumilah yang paling tertinggi. Salah satu alasan para pendaki menyukai gunung ini yaitu karena keindahan pemandangan awan dari atas gunung. Apalagi saat sunset dan sunrise tiba, pasti berfoto di antara pemandangan yang indah adalah kenangan yang tak akan pernah terlupakan.

5). Telaga Wahyu

Telaga Wahyu
Foto: citrasetyo on Instagram
Telaga Wahyu memang tidak sebegitu populer seperti Telaga Sarangan, namun telaga yang satu ini jika tidak kalah mempesonanya daripada Telaga Sarangan. Telaga Wahyu ini ternyata berletak tidak jauh dari Telaga Sarangan, yakni hanya berjarak sekitar 3 kilometer saja dari sisi Timur Telaga Sarangan. 

Kamu memiliki hobi memancing? Maka telaga dengan luas sekitar 10 hektare ini sangat cocok untuk kamu melakukan aktifitas memancing. Karena memang biasanya para pelancong yang datang ke tempat wisata ini kebanyakan membawa pancingan untuk memancing di telaga ini.

Bukan hanya memancing saja, pengunjung juga sering berkemah disekitaran bibir Telaga Wahyu, sepertinya menarik bukan.

Alamat: Desa Ngerong, Kecamatan Plaosan

6). Waduk Gonggang

Waduk Gonggang
Foto: galieh_rossy on Instagram
Waduk Gonggang merupakan salah satu program pembangunan Kementrian Pekerjaan Umum yang dijalankan bersamaan dengan tiga belas waduk lainnya. Total biaya pembangunan semuanya menghabiskan anggaran kurang lebih sekitar 10 triliun.

Setelah selesai pembangunan waduk ini, tak jarang para wisatawan yang berkunjung untuk menikmati kemegahan Waduk Gonggang. Selain itu, tempat ini juga merupakan surga bagi para pemancing. Maka tak heran jika kamu melihat banyaknya pemancing yang berada di sekitaran waduk ini.

Keindahan dan kemegahan Waduk Gonggang memang tak bisa dipungkiri. Namun dibalik itu semua, salah satu faktor atau kendala bagi para pelancong yang ingin datang ke tempat wisata ini yakni minimnya rute jalan menuju lokasi wisata ini.

Alamat: Dusun Ledok, Desa Janggan, Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan

7). Air Terjun Pundak Kiwo

Air Terjun Pundak Kiwo
Foto: saefudin30.sf on Instagram
Tujuan utama para pelancong yang ingin mengisi liburannya tentu saja mencari destinasi wisata yang memiliki keindahan pesona alam. Dan hal itu bisa didapatkan dengan menyambangi Air Terjun Pundak Kiwo yang berada di Magetan.

Tempat wisata air terjun yang satu ini terbilang cukup unik, karena sekali naik kamu bisa melampaui 3 air terjun sekaligus. Rangkaian air terjun yang berada pada satu aliran ini di antaranya yaitu Air Terjun Watu Ondo, Air Terjun Jarakan dan Air Terjun Pundak Kiwo.

Selama perjalanan menuju Air Terjun Pundak Kiwo, pengunjung bisa beristirahat sejenak di dua air terjun pertama yang merupakan bagian dari rangkaian Air Terjun Waton Jamas Ndak Tuo. Nantinya selama perlajanan wisatawan akan melihat pohon pinus yang menjulang tinggi serta pemandangan Gunung Lawu yang indah.

Air Terjun Pundak Kiwo sendiri terletak di bagian paling atas pada rangkaian air terjun. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 45 meter. Jika kamu berada di Air Terjun Jarakan, maka akan menempuh waktu sekitar setengah jam untuk menyambangi air terjun tertinggi di tempat ini.

Karena letaknya yang tidak jauh dari Gunung Lawu, maka aliran air pada air terjun ini sangatlah dingin. Tentunya sangat asyik untuk berendam dan bermain air di tempat wisata ini. Beberapa fasilitas lengkap bisa kamu dapatkan di sini, mulai dari warung makan, toilet, mushola, dan gazebo.

Alamat: Desa Ngancar, Kecamatan Plaosan, Magetan, Jawa Timur 63361

8). Taman Ria Maospati

Taman Ria Maospati
Foto: biokta on Instagram
Salah satu tempat rekreasi para traveler untuk mengisi waktu liburan mereka saat berada di Magetan yakni menyambangi Taman Ria Maospati. Mengajak anak-anak dan keluarga berlibur ke tempat ini rasanya sangat cocok.

Kondisi lingkungan yang sangat teduh serta banyaknya permainan anak-anak maka sangat tepat jika tempat ini dijadikan sebagai tempat wisata keluarga. Salah satu area favorit bagi traveler yakni kolam renang Kosala Tirta. Kolam renang tersebut memiliki luas sekitar 1,5 hektare. Pengunjung sangat puas dengan kebersihan kolam renang di sana.

Lokasi Taman Ria Maospati ini sangatlah strategis, yakni berada dekat dengan jalan raya.

Alamat: Desa Pandean, Kecamatan Maospati

9). Kolam Renang Banyu Biru

Kolam Renang Banyu Biru
Foto: amry yahya on Google Maps
Mungkin tempat yang satu ini mampu memikat hatimu saat berlibur ke Magetan, apalagi kalau bukan Kolam Renang Banyu Biru. Objek wisata air di Magetan ini terletak di jalan raya Maospati, tepatnya di Tinap.

Saat hari libur tiba, banyak pengunjung yang menghinggapi kolam renang ini. Tak heran jika kamu melihat banyaknya kendaraan yang menumpuk di parkiran. Maka dari itu tak jarang banyak pengunjung yang rela mengantri untuk dapat menikmati objek wisata yang satu ini.

Berbagai wahana menyenangkan bisa kamu dapatkan di sana, misalnya seperti wisata taman rekreasi, kolam renang, dan lain sebagainya. Selain itu, Banyu Biru juga memiliki beberapa fasilitas tambahan, misalnya seperti tempat pemancingan, gedung pemutaran film, area permainan anak, tempat olahraga, warung makan, dan lain-lain.

Salah satu alasan minat pengunjung berkunjung adalah karena Banyu Biru memiliki wahana yang cukup lengkap dan menyenangkan. Maka dari itu, mengajak sanak keluarga berlibur ke tempat ini rasanya sangat tepat.

Alamat: JL Raya Magetan - Maospati, No. 5, Tinap, Sukomoro, Kec. Magetan

10). Ayam Panggang Bu Suryani

Ayam Panggang Bu Suryani
Foto: diorailfanssurabaya on Instagram
Berkunjung ke suatu daerah tak lengkap rasanya jika tak mencicipi makanan khas daerah tersebut. Nah, salah satu tempat wisata kuliner yang cukup populer dimata wisatawan saat berkunjung ke Magetan yakni rumah makan Ayam Panggang Bu Suryani.

Sejak awal berdiri sampai dengan sekarang ini rumah makan yang berletak di desa Karangrejo ini selalu menjaga menu khasnya. Karena lokasinya yang sangat strategis, pengunjung yang datang tak sedikit. 

Salah satu alasan ramainya pengunjung adalah karena Ayam Panggang Bu Suryani ini selalu menggunakan ayam kampung asli, sehingga daging yang dihasilkan sangatlah empuk. Memang cita rasa ayam kampung asli tetap menjadi primadona bagi masyarakat dibandingkan jenis ayam lainnya. 

Terdapat dua jenis menu ayam panggang, di antaranya yaitu ayam panggang rasa pedas dan ayam panggang rasa gurih. Salah satu menu favorit pengunjung di tempat ini yaitu ayam panggang dengan varian rasa yang pedas. Sambal bawang, sambal terasi, lalapan dan aneka macam sayur sangatlah cocok jika disantap bersamaan dengan Ayam Panggang Bu Suryani.

Alamat: Patihan, Karangrejo, Kec. Magetan, Jawa Timur

Cari Hotel di Magetan?

Bagi kamu yang berencana liburan selama beberapa hari di Magetan, di sana cukup banyak hotel untuk menginap. Tarif permalamnya sangat terjangkau, kamu bisa menemukan hotel bintang satu dengan harga mulai seratus ribuan. Supaya tak kehabisan kamar di hotel murah, disarankan untuk segera booking.

Ternyata banyak juga kan pilihan tempat wisata di daerah Magetan. Kalau kamu traveler asli dari kabupaten ini yang merasa ada destinasi liburan yang belum dimasukkan dalam daftar di atas, silakan beritahu kami via kolom komentar, ya. Happy traveling!