10 Rekomendasi Tempat Wisata Alam di Probolinggo Terbaru 2018

advertisement
Probolinggo merupakan sebuah kota yang menyimpan banyak destinasi wisata menarik bagi para traveler. Spot-spot wisata yang ada di Probolinggo juga dikenal memiliki pemandangan yang sangat indah. Tidak hanya itu, udara yang sejuk pun akan dirasakan saat berkunjung ke berbagai tempat rekreasi yang ada di Jawa Timur ini.

Wilayah Probolinggo sendiri dikelilingi oleh beberapa gunung, di antaranya yakni Gunung Semeru, Gunung Argopuro, dan Gunung Tengger. Maka tidak heran jika wilayah ini memiliki udara yang sejuk dan segar.

Selain letaknya yang dekat dengan gunung, Probolinggo juga mempunyai garis pantai di bagian utara yang berbatasan langsung dengan Selat Madura. Bisa dibilang kalau Probolinggo juga mempunyai objek wisata pantai yang sangat memukau.

Berbagai tempat liburan bernuansa alam bisa kamu pilih untuk mengisi waktu liburanmu. Mulai dari tempat wisata air terjun, pantai, pegunungan, dan masih banyak lagi.

Daftar Tempat Wisata Alam di Probolinggo

1). Gili Ketapang

Gili Ketapang
Foto: danniariski on Instagram
Gili Ketapang merupakan sebuah pulau kecil yang terletak di wilayah Selat Madura, lebih tepatnya sekitar 8 km di lepas pantai utara Probolinggo. Pulau kecil yang hanya memiliki luas sekitar 68 ha ini di huni oleh kurang lebih 9.600 jiwa. Sebagian besar warganya merupakan Suku Madura yang bermata pencaharian sebagai nelayan.

Pulau Gili sendiri bisa dibilang objek wisata yang masih baru dan belum diketahui oleh banyak wisatawan. Padahal destinasi wisata ini cukup asyik untuk dijadikan sebagai tempat snorkeling dan diving. Kamu pun bisa menyewakan alat-alat untuk bermain selancar di pantai tersebut dari para nelayan.

Meskipun pulau ini memiliki luas yang terbilang tidak terlalu besar, namun kamu akan berdecak kagum saat sudah berada di sana. Bisa dibilang pulau ini merupakan surga tersembunyi yang ada di Jawa Timur.

Lokasi: Gili Ketapang, Sumberasih, Probolinggo

2). Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura
Foto: haikalmunzami on Instagram
Mungkin keindahan pesona alam merupakan daya tarik pelancong untuk berkunjung ke sebuah objek wisata. Nah, di Probolinggo sendiri ternyata memiliki sebuah spot wisata dengan keindahan alam dan daya tarik tersendiri. Objek wisata tersebut juga merupakan salah satu wisata air terjun terbaik di Jawa Timur, yakni Air Terjun Madakaripura.

Keindahan alam dari objek wisata yang satu ini memang tidak bisa dipungkiri lagi. Karena di sekitar Madakaripura ini kamu akan melihat pemandangan alam pegunungan yang luar biasa indahnya. Tidak hanya itu, hijaunya pepohonan dengan udara khas pegunungan membuat setiap wisatawan yang datang terhipnotis dengan keindahannya.

Alamat: Dusun Branggah, Desa Negororejo, Lumbang, Probolinggo, Jatim 67183

3). Ranu Agung

Ranu Agung
Foto: anggialvianaputri on Instagram
Danau Ranu Agung merupakan salah satu danau terbaik yang berada di Jawa Timur, lebih tepatnya di Probolinggo. Awal mula terbentuknya danau ini karena disebabkan oleh letusan Gunung Lemongan. Maka jika dilihat secara cermat bentuk danau ini mirip seperti bentuk mangkuk atau layaknya bekas kawah.

Danau ini dikelilingi oleh tebing serta hijaunya pepohonan yang indah. Suasana di Ranu Agung ini sendiri masih sangat alami. Hal itu dibuktikan dengan udara yang sejuk serta jernihnya air danau yang memukau.

Selain terlihat pemandangan tebing dan juga pepohonan, wisatawan yang datang juga akan menyaksikan pemandangan Gunung Lemongan yang berdiri gagah dan terlihat sangat jelas. 

Aktivitas yang biasa dilakukan oleh wisatawan pada umumnya yakni berkeliling menggunakan perahu getek yang sudah disediakan oleh pengelola danau. Dari atas perahu tersebut nantinya kamu bisa berfoto ria atau sekedar menikmati keindahan alam yang mempesona. 

Saat berkeliling menaiki perahu getek, kamu sebaiknya lebih berhati-hati saat berada di tengah danau. Karena kedalaman di bagian tengah danau tidak bisa kita prediksi. Ada baiknya kamu tetap menggunakan pelampung dan alat renang lainnya untuk berjaga-jaga.

Alamat: Desa Ranu Agung, Tiris, Probolinggo, Jatim 67287

4). Bee Jay Bakau Resort Probolinggo

BJBR Probolinggo
Foto: rina_ranida on Instagram
BJBR Probolinggo atau yang lebih akrab dikenal dengan sebutan Mangrove BeeJay ini merupakan sebuah objek wisata hutan bakau berluas sekitar 5 hektare yang letaknya di pesisir pantai. Objek wisata yang satu ini bisa dibilang merupakan tempat wisata keluarga yang menjadi favorit di Probolinggo

Seperti hutan mangrove pada umumnya, pengunjung yang datang ke BeeJay juga dapat berjalan-jalan mengelilingi hutan melalui sebuah jalan buatan yang terbuat dari kayu kelapa.

Maka di setiap sisi jalan tersebut terdapat tanaman dan pepohonan yang membuat udara jadi tambah sejuk. Rasanya keindahan pohon Mangrove sangatlah cocok untuk dijadikan objek fotografi.

Alamat: Pelabuhan Perikanan Pantai Mayangan, Probolinggo, Jatim 67217

5). Gunung Bromo

Gunung Bromo
Foto: dianndionn on Instagram
Mungkin mendengar nama objek wisata yang satu ini kamu sudah tidak asing lagi, kan? Memang Gunung Bromo merupakan gunung favorit bagi para turis lokal maupun asing untuk berlibur dan berekreasi.

Mengapa Bromo sangat menarik dimata para pendaki daripada gunung-gunung di daerah lainnya? Karena selain memiliki pemandangan yang sangat indah, ada beberapa spot wisata di sekitar Bromo yang pastinya bisa membuatmu tercengang. Lokasi-lokasi favorit di gunung ini yang biasa disambangi oleh pendaki yakni Padang Rumput Savana, Pasir Berbisik, dan masih banyak lagi.

Keindahan alam saat kamu mendaki ke Gunung Bromo tentu akan memberikan kesan tersendiri. Dan hal itu tidak bisa kamu dapatkan ditempat lainnya.

6). Arung Jeram di Sungai Pekalen

Arung Jeram Sungai Pekalen
Foto: wahyuzidni15 on Instagram
Terkadang seseorang ingin berlibur atau refreshing ke sebuah objek wisata yang menyenangkan dan memiliki kesan tersendiri. Maka hal itu bisa kamu dapatkan di Probolinggo, yakni mengunjungi tempat wisata Arung Jeram di Sungai Pekalen.

Di tempat ini kamu akan melihat pemandangan indah sungai pekalen yang bukan hanya sekedar aliran sungai dan bebatuan saja, akan tetapi kamu juga disuguhkan dengan pemandangan air terjun kecil dan gua kelelawar yang mempesona. Aktivitas yang biasa dilakukan oleh pengunjung saat berkunjung ke tempat wisata ini tentu saja bermain arung jeram. 

Namun, hanya orang dewasa sajalah yang boleh bermain olah raga ekstrim ini. Untuk menjaga keselamatan maka kamu akan dibekali dengan alat keselamatan, seperti helm, pelampung, dan lain sebagainya.

Tantangan favorit di arung jeram ini yakni berada di kawasan dekat pos pemberhentian. Bagi seseorang yang memiliki nyali yang cukup besar, maka bisa mencoba jumping dari atas tebing dengan ketinggian sekitar 5 meter. Sangat mencengangkan bukan.

7). Pantai Bentar

Pantai Bentar
Foto: wildanhkm on Instagram
Ternyata Probolinggo juga menyimpan tempat wisata pantai yang sangat memukau, yakni bernama Pantai Bentar yang letaknya sekitar 7 km dari pusat kota Probolinggo. Pantai ini juga menjadi lokasi favorit sebagai tempat pra wedding. Karena pantai ini memliki pemandangan laut yang sangat indah.

Terdapat sebuah dermaga atau jembatan yang panjang kearah tengah laut, namun bisa dilalui dengan aman oleh setiap pengunjung. Nantinya dari jembatan tersebut pengunjung bisa berfoto ria sambil menikmati birunya air laut yang memukau.

Bukan hanya menyajikan pemandangan yang indah, tetapi di Pantai Bentar ini kamu juga bisa menikmati berbagai wahana permainan yang telah tersedia untuk anak-anak maupun orang dewasa.

Pantai ini mungkin belum banyak diketahui oleh para wisatawan, akan tetapi menyajikan suatu pemandangan yang sangat menawan. Memfoto moment saat sunset tiba rasanya bisa menjadi sebuah kenangan yang tidak akan terlupakan.

Alamat: Jalur Pantura, Mayangan, Probolingo, Jawa Timur 67211

8). Ranu Segaran

Ranu Segaran
Foto: serliantiwindy on Instagram
Jika kamu sudah pernah berkunjung ke Ranu Agung, maka tak ada salahnya untuk mengunjungi sebuah danau yang berada di kecamatan Tritis kabupaten Probolinggo, yakni Ranu Segaran. Pasalnya danau ini tidak kalah mempesonanya dengan Ranu Agung. 

Ternyata kedua danau tersebut memiliki kesamaan, yakni sama-sama terbentuk akibat vulkanik yang dulunya merupakan bekas kawah.

Di tempat ini kita bisa menikmati suasana danau yang tenang sembaring menikmati secangkir kopi di tepi danau. Jika kamu ingin mengelilingi danau, kamu hanya perlu menggunakan perahu sampan dan perahu bebek yang dapat disewakan oleh para penyewa perahu.

Lokasi: Desa Segaran, Kec. Tiris, Kab. Probolinggo

9). Sumber Air Panas Segaran, Tiris

Sumber Air Panas Segaran Tiris
Foto: ilhamsumarga on Instagram
Ingin merasakan sensasi air panas untuk merefresh tubuhmu? Maka tidak ada salahnya kamu mencoba tempat rekreasi berupa pemandian air panas. Pemandian air panas ini terletak cukup jauh dari pusat kota Probolinggo.

Nantinya kita dapat berendam di air dan merasakan kehangatan untuk membuat tubuh menjadi rileks. Selain itu, kamu juga dapat menikmati hijaunya pemandangan di sekitar pemandian air panas ini. Manfaat yang didapatkan saat kamu berendam di tempat ini yakni bisa mengobati penyakit kulit, seperti gatal-gatal, panu, dan sebagainya.

Bagi kamu yang ingin melepas penat, tidak salahnya untuk meluangkan waktu saat liburanmu di tempat wisata ini.

Alamat: Desa Andung Biru, Desa Segaran, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo

10). Kebun Teh Andung Biru

Kebun Teh Andung Biru
Foto: kriisna_sakti on Instagram
Probolinggo ternyata juga memiliki sebuah spot wisata yang menawarkan suasana hijau khas perkebunan teh, dengan udara dingin dan sejuk serta pemandangan alam yang memukau. Dan hal itu bisa kamu dapatkan dengan berkunjung ke Perkebunan Teh Andung Biru.

Selain bisa menikmati segarnya udara perkebunan teh, pengunjung ternyata juga bisa ikut langsung memetik secara langsung bersama para pemetik teh disekitar perkebunan. Tidak hanya itu saja, pengunjung juga dapat melihat proses pembuatan teh untuk bisa langsung diminum.

Minum secangkir teh hangat di pagi hari sambil menikmati udara sejuk dan pemandangan alam yang eksotis rasanya membuat pagi harimu jadi sempurna. Kamu pecinta teh? maka perkebunan teh ini wajib kamu kunjungi.

Lokasi: Desa Andung Biru, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo

Cara menuju ke Probolinggo menggunakan Pesawat

Terbanglah dengan tujuan Bandara Internasional Juanda (SUB), Surabaya. Setelah itu, kamu perlu melanjutkan perjalanan dengan menaiki Bus DAMRI dari bandara ke Terminal Purabaya (Bungurasih), Surabaya. Dari sana, kamu harus berganti bus dengan tujuan Probolinggo.

Cari Penginapan atau Hotel di Probolinggo?

Penginapan dan hotel di Probolinggo sangat banyak. Kamu bisa menemukan penginapan dengan tarif seratus ribuan per malam, hingga hotel berbintang 4 dengan harga 1 jutaan per malamnya. Kalau kamu termasuk traveler yang memburu hotel murah, kamu harus segera booking supaya tidak kehabisan kamar.

Punya referensi tempat wisata alam di Probolinggo lainnya yang belum disebutkan? Yuk beritahu kepada teman-teman semua dengan mengisi kolom komentar ya. Happy traveling!