Deretan 10 Tempat Wisata di Purworejo Favorit Para Pelancong

advertisement
Sebagai kabupaten yang terletak dalam wilayah provinsi Jawa Tengah, Purworejo menyimpan banyak destinasi wisata yang mungkin belum banyak diketahui oleh wisatawan lokal. Objek wisata yang nanti dapat kamu temui disana di antaranya seperti wisata alam, sejarah, kuliner, dan lain sebagainya.

Terdapat banyak tempat rekreasi di Purworejo yang menarik. Keindahan pesona alam yang disajikan juga tidak main-main. Tentunya hal tersebut membuat para pengunjung tidak ingin pulang ke tempat asalnya ketika sudah sampai di sana.

Bagi kamu yang sedang mencari rekomendasi objek wisata di Purworejo Jateng, berikut daftar yang bisa dijadikan sebagai referensi liburan saat kamu berkunjung ke sana. Ini dia daftarnya.

1). Curug Silangit

Curug Silangit
Foto: dhaniya8 on Instagram
Ternyata Purworejo juga menyimpan tempat wisata berupa curug yang tidak kalah menariknya dari daerah-daerah lain. Akses masuk ke tempat ini terbilang cukup mudah ditemukan karena lokasinya yang strategis. Letak persis tempat ini yaitu berada di Desa Somongari.

Tempat wisata yang diberi nama "Curug Silangit" ini dikarenakan karena ketinggian curug atau air terjunnya yang mencapai 50 meter yang dibagi atas 3 tingkatan curug disekitarnya. Curug tingkatan paling atas yakni hanya setinggi 30 meter, curug kedua dan ketiga memiliki tinggi yang sama, yaitu 10 meter.

Pengunjung dihimbau untuk berhati-hati ketika sedang bermain disekeliling tempat ini. Apalagi bagi yang tidak bisa berenang, pasalnya curug ini memiliki kedalaman yang sulit diperkirakan. Jika tidak bisa berenang, sebaiknya bermain ditepian saja dan tetap dengan pengawasan orang dewasa.

Alamat; Dusun Jeketro, Desa Kaligono, Kecamatan Kaligesing

2). Goa Seplawan

Goa Seplawan
Foto: normasulistiya on Instagram
Goa Seplawan adalah salah satu spot wisata yang menyugukan keindahan pesona alam yang sayang untuk dilewatkan. Objek wisata berupa goa ini berlokasi di gugusan bukit menoreh perbatasan Kab Purworejo dan Kulon Progo tepatnya berada di Desa Donorejo.

Goa Seplawan ini sendiri merupakan sebuah tempat peninggalan sejarah pada jaman peradaban lalu. Pasalnya ditempat ini pengunjung akan melihat patung sepasang pria dan wanita yang sedang bergandengan tangan. Yang menjadi keistimewannya, patung yang diberi nama Arca Kencana itu ternyata dilapisi dengan emas 22 karat dengan tinggi 9 cm dan berat 2,5 kg. 

Namun sayang, patung tersebut kini sudah tiada atau dipindahkan ke sebuah Museum Nasional. Sebagai gantinya, pengelola tempat ini menghadirkan replika patung tersebut dengan ukuran yang jauh lebih besar.

Untuk dapat menikmati keindahan pesona alam khususnya pemandangan gunung, pengunjung biasanya melakukan camping demi melihat keindahan alam yang dapat dilihat dari kawasan Seplawan itu.

Alamat: Jl. Goa Seplawan, Donorejo, Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah

3). Curug Muncar

Curug Muncar
Foto: spadepicnic.wordpress.com
Selain Curug Silangit, Purworejo juga menyimpat objek wisata berupa curug yang sayang untuk kita lewatkan, yaitu Curug Muncar. Destinasi wisata yang berlokasi di di Desa Kaliwungu ini menyajikan keindahan pesona alam yang memanjakan mata. 

Untuk dapat menikmati keindahan Curug Muncur ternyata terbilang cukup rumit, pasalnya pengunjung harus terlebih dahulu berjalan mengitari pepohonan dan memakan waktu kurang lebih 30 menit. Setelah berhasil menempuh perjalanan yang cukup menguras tenaga, Pengunjung akan melihat hijaunya tebing dan bebatuan besar disekitar curug.

Alamat: Desa Kaliwungu, Kec. Bruno, Kab. Purworejo, Provinsi Jawa Tengah

4). Objek Wisata Kusumo Asri

Kusumo Asri
Foto: wikimapia.org
Keindahan alam di Purworejo memang terbilang sangat kaya, hal itu dibuktikan dengan adanya sebuah tempat rekreasi bernuansa hutan yang diberi nama Kusumo Asri. Tak heran jika tempat ini tertata dengan rapih dan bersih, karena tempat ini dikelola dengan baik oleh pemerintah Purworejo.

Pengunjung yang datang kesini biasanya melakukan perkemahan untuk sekedar bersantai dan melihat indahnya pemandangan di sekeliling. Tak hanya itu, terdapat pula sarana outbond dan adventure yang sayang untuk dilewatkan.

Pasalnya kita juga akan melihat keindahan hutan pinusnya. Tempat ini juga menyajikan sebuah kebun binatang berukuran mini. Di dalamnya berisi binatang-binatang terawat yang biasanya disukai oleh anak-anak.

Alamat: Desa Mayungsari, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah

5). Pantai Ketawang

Pantai Ketawang
Foto: dyhprmta on Instagram
Sedang mencari tempat wisata pantai di Purworejo? Pantai Ketawang bisa menjada alternatif bagi kamu yang menyukai indahnya pesona laut biru. Lokasi yang terbilang strategis memungkinkan pengunjung cukup mudah untuk menemukan pantai.

Meskipun begitu, pengunjung di pantai ini terbilang masih sepi. Mungkin hal itu yang menyebabkan pantai ini masih bersih dan terjaga keasriannya. Bersihnya hamparan pasir serta derasnya ombak akan menyejukkan bagi siapapun yang melihatnya.

Alamat: Ketawangrejo, Grabag, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah

6). Goa Nguwik

Goa Nguwik
Foto: galangasmo on Instagram
Selain Goa Seplawan, Purworejo juga menyimpat objek wisata tersembunyi berupa goa yang belum banyak diketahui oleh wisatawan. Spot wisata yang mempunyai nama lengkap Goa Nguwik Sendang Selangsur ini ternyata kaya akan potensi alamnya. Di dalam tempat ini pengunjung disugukan dengan bebatuan yang menghiasi dinding goa.

Goa Nguwik ternyata sempat membuat berita heboh, yakni dengan adanya penemuan fosil hewan purbakala pada setahun silam. Meskipun begitu, objek wisata goa yang tidak kalah menariknya dengan Goa Seplawan ini tetap saja sepi pengunjung setiap waktunya.

Menurut pemandu Goa Nguwik, setiap harinya hanya ada satu atau dua pengunjung saja. Hal yang patut disayangkan mengingat tempat ini kaya akan potensi alamnya.

Alamat: Dusun Katerban, Desa Donorejo, Kecamatan Kaligesing

7). Taman Sidandang

Taman Sidandang
Foto: satriogntro on Instagram
Mendengar namanya, mungkin banyak orang yang mengira bahwa tempat wisata alam di Purworejo yang satu ini hanya menyugukan suasana taman saja. Nyatanya, destinasi wisata yang terletak di desa Kaligono lebih menonjolkan wisata airnya.

Didalam tempat ini nantinya pengunjung akan melihat sebuah aliran sungai yang sangat cocok untuk berendam. Tidak jarang para pengunjung bersenang-senang dengan bermain cebur-ceburan dan sebagainya. Bagi pengunjung yang tidak bisa berenang, disana juga disediakan penyewaan alat bantu renang atau pelampung demi menjaga keselamatan.

Selain itu, tersedia juga sarana outbond yang cukup menarik minat pengunjung untuk mencobanya. Pasalnya tidak hanya orang dewasa yang boleh mencobanya, karena tersedia juga sarana outbond khusus untuk anak-anak. Untuk dapat masuk ke Taman Sidandang, pengunjung tidak perlu merogoh kocek lebih dalam, karena harga yang ditawarkan sangat murah yakni Rp 3000,-/orangnya.

Alamat: Desa Kedungrantai RT.02 / RW.04, Kaligesing, Kaligono, Purworejo, Jawa Tengah

8). Kedung Gulo

Kedung Gulo
Foto: mblusuk.com
Purworejo memang dikenal menyimpan banyak objek wisata curug, salah satunya yaitu Kedung Gulo. Akses untuk mencapai curug Kedung Gulo terbilang cukup membingungkan. Pasalnya objek wisata curug ini tidak dilengkapi dengan papan petunjuk agar mempermudah pengunjung. Jika ingin berkunjung kesana, pengunjung bisa bertanya-tanya dengan kepada warga sekitar.

Tidak seperti tempat wisata pada umumnya, Kedung Gulo tidaklah memungut biaya bagi para pengunjung yang ingin menikmati pesona alam yang indah. Meskipun tempat ini tidak dikelola oleh warga setempat, pengunjung dihimbau untuk menjaga destinasi wisata gratis ini agar terjaga keasriannya.

Alamat: Desa Kalitapas, Bener, Purworejo, Jawa Tengah

9). Bebek Goreng Pak H. Dargo

Bebek Goreng Pak H. Dargo
Foto: misterlalu.blogspot.com
Berkunjung ke sebuah daerah, tak lengkap memang jika tidak mengunjungi tempat wisata kuliner yang menyajikan makanan khas daerah tersebut. Bagi pecinta kuliner yang suka dengan bebek, maka Bebek Goreng Pak H. Dargo wajib di coba. Menu kuliner yang terkenal dengan rasa bebeknya yang lezat ini ternyata sudah akrab dikunjungi oleh pengunjung dari luar kota.

Daging bebek yang empuk serta bumbunya yang meresap hingga kedalam daging membuat para penikmatnya sulit untuk melupakan rasa tersebut. Ditambah dengan taburan kremesan gurih di atas bebek akan semakin lezat saat disantap bersamaan dengan sambal terasa atau sambal hijau dan lalapannya. Tak heran memang kalau tempat ini sangat ramai pengunjung saat musim libur tiba.

Alamat: Jl. Mayor Jenderal Sutoyo, Kec. Purworejo, Jawa Tengah

10). Kawasan Wisata Sumber Adventure Center

Kawasan Wisata Sumber Adventure Center
Foto: www.telusurindonesia.com
Sumber Adventure Center (SAC) yang berlokasi di Kab. Purworejo (Jalur Selatan) ini rasanya menjadi tempat yang tepat bagi pengunjung yang ingin mengajak sanak keluarganya. Selain tempat yang cocok untuk peristirahatan saat perjalanan, pengunjung juga bisa sesekali mencoba berbagai sarana yang tersedia didalam tempat ini.

Pasalnya objek wisata ini menyediakan beragam sarana yang cocok untuk hiburan keluarga terutama anak-anak. SAC memfasilitasi berbagai wahana yang cukup lengkap, seperti Water Park, Museum Bus, Mobil dan Motor, Extreme Off road, dan lain sebagainya.

Bagi pengunjung yang menyukai dunia otomotif, tempat ini juga menyugukan kawasan petualangan otomatif: Road Race, Trial Games dan tematis resort. Sungguh tempat wisata dengan sarana yang cukup lengkap bukan.

Alamat: Kaliwatukranggan, Butuh, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah

Nah, itulah tempat-tempat wisata favorit bagi para wisatawan saat berkunjung ke Purworejo, Jawa Tengah. Sebenarnya masih banyak tempat liburan yang menarik untuk dikunjungi. Mungkin bagi kamu yang mempunyai rekomendasi destinasi wisata yang bagus dan menarik, maka tidak ada salahnya untuk berbagi dengan yang lainnya melalui kolom komentar di bawah ya.

Cari Hotel di Purworejo?

Buat kamu yang mencari penginapan di Purworejo, di kota ini kamu bisa mendapatkan hotel murah berbintang 2 dengan kisaran harga 200 ribuan per malamnya. Namun karena hotel di kota ini tidak banyak, kamu harus segera booking supaya tidak kehabisan kamar.
Tetap jaga keindahan dan keasrian spot wisata yang kita kunjungi dengan tidak membuang sampah sembarangan ya, guys. Happy Traveling!


Sampaikan Tanggapan & Pertanyaanmu via form komentar di bawah:

Posting Komentar