Singgahi 10 Tempat Wisata di Bantul Yogyakarta yang Oke Ini

advertisement
Tak bisa dipungkiri, Yogyakarta memang terkenal akan spot wisata yang indah dan juga kuliner lezat yang sangat menarik minat setiap orang. Kota Gudeg ini sendiri merupakan salah satu tujuan wisata favorit bagi para wisatawan lokal dan asing selain Bandung dan Bali.

Yang menjadi daya tarik mengapa banyaknya turis yang berlibur ke Yogyakarta ini mungkin karena tempat wisatanya. Tak hanya memiliki biaya yang relatif murah, destinasi wisata yang ada di kota ini juga menjanjikan pengalaman liburan yang menyenangkan. Mulai dari pegunungan, pantai, kuliner, semuanya bisa kamu dapatkan di kota ini.

Salah satu kabupaten di Yogyakarta yang kaya akan objek wisatanya yaitu Bantul. Kabupaten ini memiliki berbagai tempat rekrasi yang sangat sayang untuk kamu lewatkan.

Nah, jika kamu sedang berlibur di Jogja atau lebih tepatnya di Bantul, maka tidak ada salahnya untuk menepi sejenak ke objek wisata di Bantul Yogyakarta yang ada dalam daftar di bawah ini. Apa saja?

1). Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk Pasir Parangkusumo
Foto: raspita_sari on Instagram
Objek wisata di Bantul ini merupakan sebuah kekayaan yang berharga bagi Jogja. Pasalnya ada hamparan pasir yang luas sepanjang muara Sungai Opak hingga Pantai Parangtritis. Nama dari tempat ini adalah Gumuk Pasir Parangkusumo yang berupa padang pasir.

Terbentuknya hamparan pasir yang ada di tempat ini tidak lain dan tidak bukan karena letusan atau abu vulkanik gunung. Karena proses abu vulkanik yang terjadi secara terus menerus, maka terbentuklah gundukan pasir yang terkumpul di daratan. 

Di tempat ini, kamu diharapkan untuk berhati-hati. Karena pada siang hari, suhu di padang pasir tersebut sangat panas. Sedangkan di malam hari suhunya berubah menjadi sangat dingin. Maka gunakanlah pakaian yang mampu melindungi tubuhmu. 

Untuk mendapatkan pemandangan yang indah, maka datanglah ke tempat ini saat sore hari. Karena nantinya kamu bisa mengabadikan momen di mana terlihat hamparan pasir yang indah dengan latar sunset yang memukau.

Alamat: Jalan Pantai Parangkusumo, Parangtritis, Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55772

2). Air Terjun Lepo

Air Terjun Lepo
Foto: b12ama on Instagram
Bantul ternyata menyimpan spot wisata yang cocok untuk menghilangkan stres. Nah, tempat tersebut beranama Air Terjun Lepo. Letak air terjun yang satu ini memang sulit untuk dijangkau, pasalnya pengunjung harus terlebih dahulu berjalan mengikuti jalan setapak berupa semen. Lokasi air terjun ini sendiri tepatnya berada di Dusun Pokoh.

Air Terjun Lepo tak hanya memiliki satu air terjun saja, yaitu ada dua air terjun lainnya yang berada di tempat yang berbeda. Tak hanya itu, di tempat ini juga kamu akan melihat empat buah kolam renang yang masih sangat alami dan terjaga kebersihannya. Aktivitas yang biasa dilakukan oleh para pengunjung yakni berenang atau sekedar bermain air.

Tak perlu khawatir jika tidak membawa perbekalan yang cukup, karena tempat ini memfasilitasinya dengan warung makan yang menyajikan beragam menu. Pengelola tempat ini juga menyediakan jasa sewa pelampung dan tikar untuk wisatawan. Pengunjung diharapkan untuk tidak membuang sampah sembarangan agar tetap menjaga kebersihan dan keindahan tempat ini.

Alamat: Pokoh 1, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783

3). Kampung Edukasi Watu Lumbung

Kampung Edukasi Watu Lumbung
Foto: andiniannisha on Instagram
Ingin mengisi waktu liburan ke tempat wisata yang menyenangkan? Berkunjung ke Kampung Edukasi Watu Lumbung adalah pilihan yang tepat. Pasalnya tempat rekreasi yang berada di Bukit Parangtritis ini cukup menarik minat traveler.

Bagaimana tidak, di tempat ini kamu tak hanya melihat pemandangan alam yang indah saja. Pengelola tempat ini juga menyediakan sarana wisata edukasi yang membuat kesan liburan jadi lebih menyenangkan.

Lokasi: Parangtritis, Kec. Kretek, Kab. Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

4). Pantai Goa Cemara

Pantai Goa Cemara
Foto: ly_atiqah on Instagram
Pantai-pantai di Jogja memang sangat terkenal akan keindahannya. Namun ada sebuah pantai indah dan menarik yang harus kamu ketahui juga, yakni Pantai Goa Cemara. Sesuai dengan namanya, di sekitar tempat wisata pantai ini terdapat ribuan pohon cemara yang membentuk seperti lorong yang sangat panjang. Itulah yang menjadi daya tarik dari pantai ini.

Traveler yang berkunjung ke tempat wisata ini cukup ramai, terlebih disaat musim liburan. Hal menarik lainnya yang ada di tempat ini yakni adanya sebuah mercusuar dengan tinggi sekitar 40 meter. Mercusuar ini boleh dinaiki oleh pengunjung, hanya saja dibatasi jumlah orang dan umurnya. 

Nah, di atas mercusuar ini nantinya kamu akan melihat hamparan pohon cemara yang akan memanjakan mata. Karena memiliki pemandangan yang indah, Pantai Goa Cemara ini juga biasa dijadikan sebagai tempat pre-wedding.

Lokasi: Desa Gadingsari, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul

5). Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan
Foto: diana_jcb on Instagram
Tempat wisata alam yang satu ini mungkin sangat cocok sebagai sarana edukasi. Ya, di Kebun Buah Mangunan ini nantinya pengunjung bisa berlibur sekaligus mempelajari tumbuh-tumbuhan secara langsung. Udara sejuk dan pemandangannya yang indah tentunya akan membuatmu tak henti-henti mengitari kawasan seluas 23,3415 hektare ini.

Beberapa sajian pemandangan yang dapat kamu nikmati di tempat ini misalnya seperti pemandangan Pantai Parangtritis dan kota Bantul dari satu lokasi.

Alamat: Desa Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783

6). Goa Cerme

Goa Cerme
Foto: aureaserenity on Instagram
Nah, berikutnya ini mungkin sangat cocok bagi kamu yang menyukai tempat wisata yang berbeda. Goa Cerme tak hanya menyugukan pemandangan alam yang indah, akan tetapi di dalam tempat ini juga terdapat sejarah dan kekuatan mistis.

Di dalam tempat ini sangatlah gelap, jadi pengunjung harus menggunakan alat bantu lampu agar dapat menelusuri perut goa. Uniknya, di dalam tempat ini terdapat sungai bawah tanah.

Alamat: Jl. Srunggo, Selopamioro, Imogiri, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

7). Puncak Becici

Puncak Becici
Foto: ditamaycandra on Instagram
Spot wisata berikutnya mungkin tergolong masih baru dan belum lama dibuka, namun kini tempat ini menjadi cukup ramai dikunjungi oleh wisatawan berkat postingan foto-foto yang di upload ke media sosial. Puncak Becici sendiri berada di desa Muntuk.

Tidak hanya memiliki pemandangan yang indah saja, pengunjung dapat menikmati saran outbound yang menyenangkan. Pengunjung juga bisa melakukan camping di tempat ini, yakni cukup membayarnya seharga Rp. 5000,- per orangnya. Tapi di area hutan pinus ini pengunjung tidak boleh bakar-bakar, karena pohon pinus sering mengeluarkan getah yang sangat mudah terbakar.

Alamat: Jl. Imogiri-Patuk KM.13, Dusun Gunungcilik, Desa Muntuk, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

8). Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus Mangunan
Foto: ilham.ramdhanii on Instagram
Spot wisata berikutnya terbilang cukup unik, pasalnya di tempat wisata di Bantul yang satu ini tidak ada jam bukanya. Jadi pengunjung bebas datang kapan saja ke tempat ini. Tak hanya itu saja, pengunjung juga tidak di pungut biaya untuk masuk ke Hutan Pinus Mangunan ini. Namun hanya perlu membayar parkiran saja.

Di tempat ini, terdapat ribuan pohon pinus berdiri tegak di lahan seluas 500 hektare. Hutan Pinus Mangunan tak hanya menjadi tempat yang bisa menyegarkan jiwa, namun tempat ini juga menawarkan pemandangan yang cantik untuk di abadikan. Tak heran jika tempat ini cukup di favoritkan bagi fotografer untuk pre-wedding dan lain sebagainya.

Alamat: Jl. Mangunan, Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783

9). Galaxy Water Park

Galaxy Water Park
Foto: joan_item on Instagram
Bagi kamu yang ingin mengajak anak pergi berlibur ke tempat wisata air yang menyenangkan, maka kamu bisa berkunjung ke Galaxy Water Park di Bantul. Objek wisata yang satu ini tentunya akan menjadikan liburanmu terkesan dan menyenangkan. Bagaimana tidak, tempat difasilitasi dengan flying fox, perosotan, free WiFi, dan masih banyak lagi.

Selain itu, pengelola tempat ini juga menjamin keselamatan bagi para pengunjungnya. Karena pihak Galaxy Water Park bekerjasama dengan Jasa Raharja Putera. Nantinya setiap karcis yang dimiliki oleh pengunjung akan tercantum jaminan asuransi. Dengan begitu maka pengunjung akan mendapatkan jaminan keselamatan.

Alamat: Jl. Wonosari, Potorono, Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55196

10). Sate Petir Pak Nano

Sate Petir Pak Nano
Foto: kulinerjogja on Instagram
Mendengar nama kuliner yang satu ini mungkin cukup unik. Dinamakan Sate Petir sendiri karena memiliki cita rasa yang super pedas. Tempat wisata kuliner ini terkenal karena rasa sate kambing yang gurih dan mampu menggoyang lidah.

Mungkin sajian sate kambing di warung makan ini sama seperti sate kambing pada umumnya. Daging kambing dibakar di atas bara api dan dilumuri sambal kecap. Nah, yang menjadi pembeda ialah irisan cabai rawitnya yang cukup banyak, sehingga membuat rasa sate tersebut menjadi ekstra pedas.

Selain sate kambing, menu favorit lainnya yaitu tongseng yang juga memiliki tingkatan atau level pedas. Selain rasa pedas yang lebih mendominasi, bumbu-bumbu yang terdapat pada kuah tongseng ini sangat terasa gurih. Setiap harinya warung makan ini buka dari jam 12 siang, dan biasanya akan habis sesudah maghrib. 

Alamat: Jl. Lingkar Selatan Yogyakarta, Dusun Menayu, Kelurahan Tirtonirmolo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul

Cara menuju ke Bantul menggunakan Pesawat

Terbanglah menuju bandara terdekat Bantul, yaitu Bandara Adi Sucipto (JOG), Yogyakarta. Sesampainya di bandara, kamu bisa lanjutkan perjalanan menggunakan 2 pilihan transportasi; Trans Jogja atau taksi dengan tujuan Terminal Giwangan, Bantul.

Cari Penginapan atau Hotel di Bantul?

Penginapan atau Hotel di Bantul sangat beragam, kamu bisa menemukan penginapan indah dekat tempat wisata hingga hotel bintang 4 yang memiliki fasilitas mewah. Buat travelers yang ingin menghemat anggaran, ada juga hotel berbitang 1 hingga 3 yang bertarif 100 ribuan saat ada diskon besar-besaran.

Begitu bervariasi ya, tempat wisata di daerah Bantul Yogyakarta yang bisa kita datangi? Happy traveling!


Sampaikan Tanggapan & Pertanyaanmu via form komentar di bawah:

Posting Komentar