Deretan 10 Tempat Wisata di Ciamis untuk Menyegarkan Pikiranmu

advertisement
Sebagai salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Barat, Ciamis terdiri dari 30 kecamatan. Kabupaten Ciamis sendiri telah banyak mengalami pemekaran, misalnya saja kawasan Pangandaran yang dimekarkan menjadi Kabupaten Pangandaran pada tanggal 25 Oktober 2012.

Hal ini tentu saja membuat beberapa tempat wisata yang dulunya masuk dalam Kabupaten Ciamis, kini menjadi bagian dari Kabupaten Pangandaran. Maka dari itu, pada daftar ini tidak menyajikan sejumlah tempat wisata di daerah Ciamis, tetapi juga di Kabupaten Pangandaran.

Destinasi wisata di kota ini sangat beragam, pengunjung bisa menikmati keindahan pantai, wisata keluarga, alam hijau, kuliner, hingga tempat unik yang instagramable. Berikut adalah 10 objek wisata di Ciamis Jawa Barat yang akan saya perkenalkan kepadamu.

1). Pantai Batu Hiu

Pantai Batu Hiu
Foto: idoetrodisetiadi on Instagram
Mengetahui nama pantai ini, mungkin kamu bertanya-tanya dalam hati; mengapa pantai ini disebut Pantai Batu Hiu? Dinamakan Batu Hiu karena memang bentuk batunya yang mirip sirip Hiu. Namun sayangnya, karena terus menerus terkikis ombak, batu tersebut semakin lama tidak mirip lagi dengan sirip Hiu.

Tak seperti pantai pada umumnya, pengunjung yang datang tidak bisa bermain air atau berenang karena ombaknya besar. Meski begitu, pengunjung yang datang bisa menikmati pemandangan laut lepas dari atas taman batu atau hamparan rumput bukit sambil berfoto-foto.

Lokasi: Desa Ciliang, Kecamatan Parigi, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat

2). Mega Wisata Icakan

Mega Wisata Icakan
Foto: alifah_fauzyah292 on Instagram
Mega Wisata Icakan adalah tempat wisata keluarga yang menawarkan banyak pilihan wahana permainan. Mulai dari kolam renang berombak, perahu angsa, bola air, dan masih banyak lagi.

Tempat wisata ini sangat indah karena berada di atas hamparan bukit hijau yang dibuat secara bertingkat dengan suasana pegunungan. Dari atas bukit yang paling tinggi, pengunjung bisa melihat memandang tempat ini secara luas.

Tak hanya cocok dikunjungi untuk wisatawan lokal, wisatawan asing pun bisa datang ke sini karena disediakan papan petunjuk dengan 3 bahasa (Indonesia, Inggris, dan Arab).

Alamat: Dusun Cikacang, Sukamulya, Baregbeg, Jalatrang, Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat 46252

3). Jembatan Cirahong

Jembatan Cirahong
Foto: yugo_ss on Instagram
Sedang mencari tempat wisata menarik di Ciamis? Mungkin kamu bisa datang ke Jembatan Ciharong yang berada di perbatasan Kabupaten Tasikmalaya dan Ciamis. Jembatan dengan panjang 202 meter ini memiliki 2 perlintasan. Jalur atas adalah jalur kereta api, sedangkan jalur di bawah adalah untuk perlintasan kendaraan bermotor dan pejalan kaki.

Tempat ini menjadi menarik karena di jalur bawah bagian sisi kanan, kiri, dan atasnya dibuat dengan besi-besi yang dicat biru dan putih. Meskipun terlihat biasa, namun tak jarang orang yang datang ke jembatan ini untuk berfoto-foto.

Lokasi: Perbatasan Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Ciamis

4). Cukang Taneuh (Green Canyon)

Cukang Taneuh (Green Canyon)
Foto: ziellziell on Instagram
Cukang Taneuh adalah tempat wisata alam menantang yang cocok untuk anak-anak muda. Di sana kita akan menjumpai suasana alam yang tenang dengan air sungai berwarna hijau tosca. Bukan hanya itu, kita juga akan dikelilingi oleh tebing-tebing yang menjulang tinggi.

Pengunjung yang datang nantinya bisa merasakan wisata perahu sambil menikmati indahnya pemandangan sekitar dan juga menyusuri sungai dengan body rafting. Waktu yang tepat untuk datang ke objek wisata ini adalah saat musim kemarau, karena musim hujan air sungainya bercampur dengan lumpur sehingga warnanya cokelat.

Meski begitu, bagi kamu yang ingin menantang adrenalin, datang saat musim hujan pun tak jadi masalah selagi pihak pengelola memberitahu pengunjung bahwa masih aman untuk dilakukan body rafting. Walaupun kamu tidak bisa melihat keindahan warna hijau tosca di sungai, namun akan merasakan adrenalin dari derasnya arus sungai.

Oh ya, buat kamu yang belum tahu mengapa objek wisata ini sering disebut juga Green Canyon, sebenarnya nama tersebut merupakan pelesetan dari Grand Canyon yang berada di Amerka Serikat dan sama-sama menyajikan pemandangan sungai yang dikelilingi tebing-tebing tinggi.

Lokasi: Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat

5). Cagar Alam Pananjung

Cagar Alam Pananjung
Foto: azmielsani on Instagram
Cagar Alam Pananjung adalah kawasan konservasi yang dibagi dalam dua kawasan, yakni cagar alam dan Taman Wisata Alam (TWA). Seperti di tempat wisata pada umumnya, Cagar Alam Pananjung juga mengalami lonjakan pengunjung saat akhir pekan atau liburan panjang.

Cagar Alam Pananjung bisa dibilang adalah paket yang lengkap karena tidak hanya menyajikan keindahan alam laut saja, tapi juga kawasan yang dipenuhi flora dan fauna. Bahkan di samping itu, ada juga juga 5 Gua yang dapat kita lihat kunikannya, Gua tersebut adalah Gua Jepang, Gua Sumur Mudal, Gua Rengganis, Gua Lanang, Gua Parat, dan Gua Panggung.

Wisatawan yang datang saat siang hari dengan cuaca panas, tidak perlu khawatir karena kamu bisa berteduh dengan sejuk karena di dalam cagar alam terdapat banyak tanaman atau pohon yang menjulang tinggi sehingga bisa melindungimu dari sinar matahari.

6). Pantai Pangandaran

Pantai Pangandaran
Foto: ophadelines on Instagram
Selain Pantai Batu Hiu, ada juga Pantai Pangandaran yang berada di Kabupaten Pangandaran (pemekaran dari Kabupaten Ciamis). Waktu tepat bagi pengunjung yang ingin melihat keindahan lebih yang dimiliki pantai ini yaitu saat sunset dan sunrise.

Pantai Pangandaran memiliki kondisi air yang tenang sehingga pengunjung bisa berenang dengan aman. Selain airnya tenang, ada juga bagian pantai dengan hamparan pasir putih. Di pantai ini juga ada tim penyelamat yang siap membant jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Secara keseluruhan dengan keindahan yang dimilikinya, wisatawan yang datang nantinya dapat berbagai kegiatan menyenangkan, seperti berenang, berperahu, memancing, jet skiparasailing, dan lainnya.

Lokasi: Desa Pangandaran, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Provinsi Jawa Barat

7). Pantai Batu Karas

Pantai Batu Karas
Foto: ahmadopang7622 on Instagram
Setelah sebelumnya ada Pantai Batu Hiu dan Pantai Pangandaran, ada juga Pantai Batu Karas yang masuk dalam daftar tempat wisata indah di Ciamis. Sama seperti Pantai Pangandaran, Pantai ini juga memiliki gelombang air laut yang bersahabat sehingga memungkinkan pengunjung bisa berenang merasakan kebersihan air di sana.

Selain berenang, pengujung yang datang ke spot wisata ini juga bisa melakukan sejumlah kegiatan lain, seperti berselancar, berkemah, dan berperahu. Selain itu, di sini juga terdapat pondok wisata yang dikelola pemerintah dengan berbagai fasilitas lengkap untuk keluarga, seperti Hotel, Rumah Ibadah, Camping, dan arena bermain untuk anak-anak.

Alamat: Desa Batukaras, Kecamatan Cijulang, Pangandaran, Jawa Barat 46394

8). Kampung Adat Kuta

Kampung Adat Kuta
Foto: ajisnurrahmat on Instagram
Kampung Adat Kuta menghadirkan suasana kampung yang masih asli dan asri. Daya tarik yang dimiliki tempat wisata ini yaitu karena memiliki potensi wisata yang berbeda. Di kampung ini terdapat 24 situs bersejarah yang bisa dikunjungi dengan pantangan-pantangan tertentu.

Situs-situs bersejarah tersebut di antaranya adalah Leuweung Gede yang merupakan hutan keramat yang kelestariannya tetap terjaga, Gunung Barang, Gunung Padaringan, Batu Goong (alat kesenian Sunda berupa Gong berukuran besar), dan Ciasihan (tempat pemandian yang konon airnya bisa menimbulkan kasih sayang).

Lokasi: Desa Karangpaninggal, Kecamatan Tambaksari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat

9). Curug Tujuh Cibolang

Curug Tujuh Cibolang
Foto: fahmim826 on Instagram
Bagi kamu yang hobi berpetualang, mendatangi Curug Tujuh Cibolang mungkin menjadi pilihan yang tepat. Pasalnya, untuk sampai ke tempat ini dibutuhkan semangat yang tinggi untuk mendaki bukit.

Meski begitu, sesampai di sana perjuangan perjalananmu menuju tempat ini akan dibayar dengan panorama alam yang indah dan suasana hutan pinus yang menjadi salah satu daya tarik objek wisata ini.

Daya tarik utamanya tentu saja terdapat pada Curug Tujuh Cibolang. Sesuai namanya, objek wisata ini berupa Curug yang bertingkat 7. Pengunjung yang datang tidak hanya bisa bermain air dan menikmati keindahan curug saja, tetapi juga bisa melakukan camping.

Lokasi: Desa Sandingtaman, Kecamatan Panjalu, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat

10). Rumah Makan Jorojoy

Rumah Makan Jorojoy
Foto: radenfebriantochristi on Instagram
Setelah puas dengan keindahan dan keunikan wisata yang dimiliki Kabupaten Ciamis, rasanya masih ada yang kurang jika belum mencicipi makanan yang ada di kota ini. Di Kecamatan Baregbeg, tepatnya di Desa Sukamaju, terdapat Rumah Makan Jorojoy yang menarik untuk dikunjungi.

Ikan bakar adalah menu makanan utama di rumah makan ini, selain juga ada masakan sayur-sayuran yang menemani. Selain kulinernya yang mampu menggoyang lidah, tempat makan ini juga unik sekaligus nyaman karena berada di tengah-tengah sawah. Pengunjung nantinya akan makan di saung yang berada di atas kolam.

Alamat: Desa Sukamaju, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat

Cari Penginapan atau Hotel di Ciamis - Pangandaran?

Buat kamu yang ingin menghemat budget, di wilayah Ciamis - Pangandaran, kamu bisa menemukan penginapan dengan harga mulai dari 100 ribuan per malamnya. Bahkan, hotel sekelas bintang 3-4 pun bisa didapatkan dengan harga di bawah 500 ribu di hari-hari tertentu. Segera booking secara online supaya tak kehabisan kamar saat ada diskon besar-besaran.

Itulah 10 tempat wisata di Kabupaten Ciamis yang paling menarik untuk dikunjungi saat sedang liburan. Punya rekomendasi lain? Jangan sungkan berbagi lewat kolom komentar, ya. Happy traveling!


Sampaikan Tanggapan & Pertanyaanmu via form komentar di bawah:

Posting Komentar