Top 10 Tempat Wisata di Kota Ambon & Sekitarnya yang Paling Indah

advertisement
Kekayaan alam yang dimiliki oleh Indonesia sangat banyak jumlahnya dan tersebar di semua pulau. Wisatawan mancanegara menyukai kealamian yang ditawarkan karena tidak bisa ditemukan di negara mereka. Selain di pula Jawa, tempat wisata di Ambon juga tak kalah eksotisnya.

Akses menuju destinasi wisata di pulau Maluku kini sangat mudah dengan menggunakan transportasi umum. Pemerintah daerah ingin memajukan perekonomian masyarakat sekitar dengan memberikan penyuluhan pentingnya menjaga kelestarian alam.

Tidak hanya dampak positif yang didapatkan, banyak turis lokal yang kurang menjaga sikap saat berkunjung kesana contohnya dengan membuang sampah sembarangan. Jika Kamu ingin mengunjungi rekreasi alam di Ambon, selalu jaga kebersihan agar kelestariannya tetap terjaga.

10 Rekomendasi Tempat Wisata di Ambon

1). Pantai Natsepa

Lokasi: Suli, Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku
Pantai Natsepa
Photo credit: diansandri on Instagram
Suasana pantai yang biru dan asri menjadi pemandangan pertama yang Kamu rasakan di lokasi tersebut. Dengan hamparan pasir putihnya yang bersih, pesonanya mampu menarik banyak pelancong untuk berkunjung kesini.

Bermain air menjadi salah satu aktivitas yang paling seru yang bisa Kamu lakukan di tempat wisata di Ambon. Jika tidak puas berenang di pinggiran saja, Kamu bisa menyewa pelampung yang banyak dijajakan di tempat tersebut.

Berkeliling pantai akan lebih menyenangkan jika Kamu menaiki perahu yang dapat dipinjam dengan tarif murah. fasilitas umum yang disediakan di lokasi wisata tersebut pun sangat lengkap mulai dari parkir, toilet, resto, hingga penginapan.

Salah satu makanan khas Pantai Nestapa yang wajib dicoba adalah rujak segar. Keunikan kuliner ini terletak pada sambalnya yang dibuat dari campuran gula aren dan anggur ambon yang segar. Jajanan tersebut banyak dijual di pinggiran pantai.

2). Pulau Pombo

Lokasi: Kecamatan Salahhutu, Kabupaten Maluku Tengah
Pulau Pombo
Photo creditnatasyahb on Instagram
Pulau tak berpenghuni ini merupakan rumah bagi sekawanan burung-burung merpati. Berkunjung ke Pulau Pombo selain mendapatkan pemandangan lautnya yang indah, Kamu akan dihibur dengan aktivitas burung merpati yang hidup disana.

Karena kondisinya yang masih alami dan jernih, destinasi wisata ini cocok bagi Kamu yang suka diving. Terumbu karang yang ada didalamnya sangat indah dengan dikelilingi ikan-ikan kecil berwarna-warni.

Bila ingin berekreasi kesini sebaiknya persiapkan perlengkapan traveling dengan lengkap karena tidak ada fasilitas penginapan. Hotel terdekat yang bisa Kamu pakai hanya ada di kota Ambon. Jika ingin menikmati pemandangan matahari terbenam, bisa dengan memasang tenda di pulau itu.

3). Pantai Liang

Alamat: Jalan Propinsi, Liang, Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku
Pantai Liang
Photo credit: thelavishretreat on Instagram
Bagi Kamu penyuka fotografi, tempat wisata di Ambon menjadi pilihan yang tepat. Pantai Liang menyajikan pemandangan pasir putih nan elok serta air yang jernih dan biru. Kondisi ombaknya yang tenang cocok digunakan untuk bermain air dan aktivitas berenang.

Meskipun tidak sepopuler Pantai di Bali, namun banyak wisatawan yang suka berkunjung disini. Selain jauh dari hiruk-pikuk kota, udaranya ,juga sangat segar. Fasilitas yang ditawarkan memang kurang lengkap hanya ada sampan, ban pelampung dan wahana banana boat.

Saat musim liburan, Pantai Liang sangat ramai didatangi oleh turis baik lokal mapun mancanegara. Jika kamu ingin menikmati rekreasi seru, wisata alam ini sangat direkomendasikan. Aksesnya sangat gampang karena dekat dengan pusat kota Ambon.

4). Pantai Pintu Kota

Alamat: Dusun Airlouw, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, Provinsi Maluku
Pantai Pintu Kota
Photo credit: melindapriskila on Instagram
Suara ombak yang membelah tebing menjadi nuansa pertama yang bakal Kamu temui di Pintu Kota. Keunikan inilah yang membuat pantai tersebut banyak dikunjungi traveller yang suka dengan rekreasi menantang.

Wisata alam ini banyak dimanfaatkan untuk foto prewedding, modelling dan lain-lain dengan latar belakang pantai yang sangat indah. Airnya sangat jernih sehingga cocok digunakan untuk olahraga air seperti berenang, diving, ataupun sekedar bermain di pinggiran.

Fasilitas yang disediakan disana terhitung sangat lengkap mulai dari parkir yang luas, toilet, hingga penjual makanan ringan yang ada di sekitar. Untuk menuju ke Pintu Kota bisa menggunakan kendaraan umum maupun pribadi. Waktu yang tepat adalah saat pagi hari ketika ombak tenang.

5). Air Terjun Waai

Lokasi: Kaki Gunung Salahutu, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah
Air Terjun Waai
Photo credit: meliasusana on Instagram
Butuh usaha yang ekstra keras jika Kamu ingin mandi di Air Terjun Waai. Menempuh jalan setapak yang cukup terjal tidak akan membuatmu kecewa karena pemandangan yang ditawarkan sangat alami dan indah.

Tempat wisata di Ambon ini sejatinya cukup populer di kalangan turis lokal dan asing hanya saja medannya yang berat membuat mereka enggan berkunjung. Saat ini sudah dilakukan proyek pembangunan agar akses ke air terjun semakin mudah.

Air terjun ini memiliki 3 tingkatan dengan ketinggian yang berbeda. Selain mandi, Kamu juga bisa berenang dan bermain air karena airnya sangat segar dan bersih. Fasilitas yang disediakan kurang lengkap, jadi sebaiknya bawa bekal jika ingin berwisata ke wisata air ini.

6). Pantai Hukurila

Alamat: Desa Hukurila, Kecamatan Leitimur Selatan, Kota Ambon
Pantai Hukurila
Photo credit: anoo_13 on Instagram
Snorkeling dan diving akan lebih menyenangkan jika Kamu berwisata ke Hukurila. Kejernihan air ditambah dengan pemandangan bawah laut yang mempesona menjadi daya tarik yang sayang dilewatkan.

Batuan karang yang ada didalamnya masih terawat dengan baik. Jenis ikan yang hidup disini pun sangat beragam. Pantai ini dikelilingi oleh hutan yang masih sangat asri jadi tak heran jika udaranya segar terutama di pagi dan sore hari.

Gua bawah laut menjadi pemandangan yang tidak bisa kamu lewatkan. Lokasi ini menjadi favorit para penyelam karena terdapat panorama indah dari karang yang dikelilingi ikan berwarna-warni.

7). Masjid Wapauwe

Alamat: Desa Kaitetu, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku
Masjid Wapauwe
Photo credit: lesmana.supra on Instagram
Masjid tertua di Indonesia ini masih berdiri dengan kokoh hingga saat ini. Arsitekturnya yang unik masih dipertahankan dengan dikelilingi pohon mangga yang asri. Pembangunan wisata budaya ini tidak menggunakan paku besi ataupun pasak pada bagian sambungannya.

Selain mengagumi keindahan bangunannya, didalam masjid ini Kamu juga bisa melihat mushaf tertua dan kitab barzanzi. Peninggalan bersejarah lainnya disimpan di rumah pusaka yang letaknya berdekatan dengan Masjid Wapauwe.

8). Pantai Namasua

Alamat: Desa Naku, Kecamatan Leitimur Selatan, Kota Ambon, Maluku
Pantai Namasua
Photo credit: jefry_ale on Instagram
Tempat rekreasi alam yang satu ini kurang cocok untuk aktivitas berenang karena arus bawahnya yang cukup kuat. Namun, pemandangan alam yang ditawarkan oleh Pantai Namasua sangat memukau dengan hembusan angin sepoi-sepoi.

Disana ada sebuah batu keramat yang diberi nama Batu Tempayan. Menurut cerita masyarakat setempat, benda tersebut adalah cincin dari putri Moyang yang hilang saat mandi. Berlibur disini Kamu tinggal duduk santai saja dan hindari kontak dengan pantai yang terlalu jauh.

9). Benteng Amsterdam

Alamat: Desa Kaitetu, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku
Benteng Amsterdam
Photo credit: aw_travelstory on Instagram
Peninggalan bangsa Portugis saat zaman penjajahan ini masih terawat dengan baik hingga sekarang meskipun sempat mengalami pemugaran. Bentuk benteng ini menyerupai rumah dengan tiga tingkatan yang berbeda.

Keunikan dari tempat wisata di Ambon ini ada pada menara yang berada di dekat benteng. Dulu bangunan yang sangat tinggi ini dijadikan tempat pengintaian musuh. Pada bagian pintu masuk, terdapat sebuah prasasti yang sudah cukup tua usianya.

10). Pantai Namalatu

Alamat: Desa Latuhalat, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon
Pantai Namalatu
Photo credit: momyko on Instagram
Pantai Namalatu dikelilingi oleh pecahan batuan karang yang berwarna putih bersih. Luas dari wisata alam ini memang tidak sebesar pantai lainnya di Ambon, tapi pemandangan yang disajikan sangatlah indah.

Gradasi air pantainya sangat unik mulai dari warna putih hingga biru. Ombaknya juga ramah sehingga aman dipakai untuk berenang ataupun sekedar bermain air. Menuju Namalatu akan lebih mudah jika menggunakan kendaraan pribadi karena jumlah transportasi umum masih terbatas.

Mau ke Ambon naik Pesawat Terbang?


Butuh Hotel di Ambon atau Maluku untuk menginap?


Kesepuluh tempat wisata di Ambon yang disebutkan diatas semoga bisa menjadi tambahan referensi bagi Kamu yang ingin mengunjungi pulau Maluku. Persiapkan semua perlengkapan dengan baik mulai dari transportasi, penginapan, hingga budget yang digunakan agar travelling dapat berjalan lancar.


Sampaikan Tanggapan & Pertanyaanmu via form komentar di bawah:

Posting Komentar