10 Rekomendasi Tempat Wisata Alam di Ponorogo Terbaru 2018

Jawa Timur menjadi salah satu provinsi di Indonesia yang terkenal akan wisata alam dan budayanya. Banyak turis asing yang berkunjung dan salah satunya mendatangi tempat wisata di Ponorogo. Tidak hanya untuk menikmati pemandangannya saja, beberapa aktivitas seru juga bisa Kamu lakukan.

Sebelum traveling sebaiknya susun perencanaan dengan matang. Pilih destinasi wisata yang ingin dikunjungi. Dan tak lupa persiapkan budget yang cukup agar perjalanan berjalan lancar serta bisa membeli oleh-oleh khas daerah tersebut.

Beberapa objek rekreasi yang bisa Kamu datangi letaknya sangat mudah diakses. Selain menggunakan transportasi pribadi, angkutan umum juga dapat Kamu gunakan. Dengan budget yang murah, Kamu bisa menikmati pesona alam dengan biaya yang terjangkau.

Daftar Tempat Wisata Alam di Ponorogo Terbaru

1). Bukit Teletubbies Lereng Gunung Masjid

Lokasi: Desa Pandak, Kecamatan Balong, Ponorogo, Jawa Timur 63461
Bukit Teletubbies Lereng Gunung Masjid
Photo credit: angelina_kusuma on Instagram
Ponorogo menyimpan sumber daya alam yang tak terkira indahnya. Bukit Teletubises juga terkenal sebagai negeri diatas awan. Udaranya yang sejuk dengan pemandangan yang memukau tidak akan membuat bosan meskipun hanya duduk di rerumputan hijau saja.

Lokasi ini belum banyak dijangkau oleh pelancong sehingga kondisinya masih sangat asri dan terjaga. Bagi Kamu yang hobi fotografi, Bukit Teletubies menjadi tempat yang cocok untuk hunting gambar dengan latar belakang pemandangan yang elok.

Waktu yang pas untuk mengunjungi tempat wisata di Ponorogo adalah pada pagi hari saat udara masih berkabut. Balutan kabut tersebut membuat bukit ini tampak berada diatas awan dengan suasana udara yang sangat segar.

2). Tumpak Pare

Alamat: Slorok, Desa Cepoko, Kecamatan Ngrayun, Ponorogo, Jawa Timur 63464
Tumpak Pare
Photo credit: irfanabdulfida_ on Instagram
View yang sangat indah disajikan oleh rindangnya pepohonan Pinus yang ada di Tumpak Pare. Lokasi wisata ini berada di pegunungan, jadi untuk mencapainya Kamu harus melalui perjalanan yang terjal dan berkelok.

Akses menuju kesana kini semakin mudah karena jalan sudah diaspal. Destinasi ini terkenal akan hijaunya lapangan yang masih terjaga secara alami. Cocok digunakan untuk lokasi foto prewedding, modelling, dan sebagainya.

Bila ingin mengendarai kendaraan sendiri, pastikan kondisinya fit dan bahan bakar penuh. Waktu yang tepat untuk berkunjung adalah pada pagi sampai siang hari serta hindari waktu malam karena jalannya cukup gelap.

3). Gunung Watu Pecah

Alamat: Jonggol Lor, Desa Jonggol, Kecamatan Jambon, Ponorogo, Jawa Timur 63456
Gunung Watu Pecah
Photo credit: yswibi on Instagram
Kecanggihan teknologi saat ini memberikan dampak positif bagi pariwisata di Ponorogo. Banyak destinasi menarik yang berhasil diangkat melalui media sosial. Akibatnya jumlah wisatawan baik lokal maupun mancanegara semakin bertambah.

Ciri khas dari gunung ini ada pada sebuah batu besar yang berada di puncak. Meskipun kondisinya sudah terbelah secara vertikal, namun batuan tersebut tidak jatuh kebawah.

Pemandangan matahari terbenam di puncak Watu Pecah sangat mempesona. Jika Kamu berkunjung kesana, jangan lewatkan momen ini dan persiapkan perlengkapan fotografi agar bisa menangkap gambar yang sangat indah tersebut.

4). Curug Pangkal

Lokasi: Kecamatan Sawoo, Ponorogo, Jawa Timur
Curug Pangkal
Photo credit: ikilojawatimur on Instagram
Salah satu tempat wisata di Ponorogo yang paling direkomendasikan adalah Curug Pangkal. Air terjun yang segar ini masih sangat terjaga kealamiannya dan belum banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Selain mandi, kamu juga bisa bermain air disini. Jangan lupa abadikan setiap momen dengan pemandangannya yang mempesona. Persiapkan fisik yang prima jika ingin berkunjung kesini karena aksesnya tidak mudah karena melalui jalan setapak yang cukup jauh.

Fasilitas yang tersedia juga tidak lengkap jadi sebaiknya bawa perlengkapan dan juga bekal sendiri. Berkunjunglah pada pagi hari saat udaranya masih segar.

5). Air Terjun Mlaten

Lokasi: Dukuh Mlaten, Desa Temon, Kecamatan Sawoo, Ponorogo
Air Terjun Mlaten
Photo credit: samsudin_broh on Instagram
Meskipun harus melalui tracking yang menantang, akses ke Air Terjun Mlaten cukup mudah. Ada banyak papan penunjuk yang akan mengarahkan Kamu supaya tidak tersasar. Selain air terjunnya yang indah, pemandangan sekitar juga tak kalah memukau.

Disamping bermain air, kamu juga bisa mandi sembari berenang. Kondisi airnya sangat jernih dan bersih. Suasana yang masih asri menjadi daya tarik sendiri bagi traveller.

Area parkir yang disediakan cukup luas, selain itu banyak pula pedagang yang menjajakan air minum serta makanan ringan. Hamparan sawah yang luas juga bisa Kamu nikmati dan dijamin tidak akan membuat bosan.

6). Curug Klenteng

Lokasi: Desa Tumpuk, Kecamatan Sawoo, Ponorogo
Curug Klenteng
Photo credit: londhokurowo on Instagram
Tempat wisata di Ponorogo yang satu ini sering dimanfaatkan sebagai lokasi berkemah karena panoramanya yang sangat indah. Diapit oleh dua tebing pegunungan membuat air terjun Curug terlihat sangat kokoh.

Bermain air sembari berfoto bersama keluarga ataupun teman menjadi aktivitas yang wajib dilakukan. Untuk menuju kesini bisa menggunakan kendaraan pribadi lalu parkir di tempat yang disediakan kemudian lanjutkan dengan melalui jalan setapak.

Bawalah bekal sendiri dan perlengkapan traveling yang lengkap karena jumlah pedagangnya masih sedikit. Jagalah kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan supaya kejernihan air tetap terjaga.

7). Gardu Pandang Karangpatihan

Lokasi: Desa Karangpatihan, Kecamatan Balong, Ponorogo
Gardu Pandang Karangpatihan
Photo credit: tiaralaviola on Instagram
Kamu bisa menikmati keindahan alam Ponorogo melalui Gardu Pandang Karangpatihan. Tidak kalah dengan menara yang ada di Yogya, objek wisata ini menawarkan pemandangan yang sangat memukau.

Fasilitas parkir kendaraan sudah disediakan di tempat tersebut tinggal membayar sesuai tarif yang dikenakan. Kegiatan seru yang bisa Kamu lakukan di Karangpatihan seperti camping, outbond, hingga ber-selfie ria di Gazebo.

8). Kedung Gamping

Lokasi: Desa Temon, Kecamatan Ngrayun, Ponorogo, Jawa Timur
Kedung Gamping
Photo credit: bendottetapsemangat on Instagram
Ponorogo tidak hanya terkenal akan tarian Reognya, tapi juga wisata alamnya yang populer seperti Kedung Gamping. Kondisi air yang masih jernih dan bebatuan besar yang menghiasi di pinggir membuat panoramanya semakin mempesona.

Berenang dan bermain air adalah aktivitas favorit yang sering dilakukan. Swafoto juga tak kalah serunya dengan latar belakang bebatuan kokoh dan rindangnya pepohonan.

Wisata ini dikelola sendiri oleh masyarakat sekitar dengan tarif murah. Fasilitas yang disediakan kurang lengkap jadi sebaiknya bawa perlengkapan dan bekal yang lengkap karena jarang ditemui penjual disana.

9). Tanah Goyang

Alamat: Ngelo, Desa Pudak Wetan, Kecamatan Pudak, Ponorogo, Jawa Timur 63418
Tanah Goyang
Photo credit: iwen_subagio on Instagram
Tanah Goyang menjadi tempat wisata di Ponorogo yang terkenal dengan panorama alamnya yang hijau. Hamparan perkebunan sayuran menjadi pemandangan pertama yang terpampang saat berkunjung kesana.

Tidak banyak rekreasi alam yang menawarkan panorama mempesona seperti ini. Tanah Goyang sering dikunjungi oleh wisatawan pada saat akhir pekan dan musim liburan. Lokasi parkirnya sangat luas dan Kamu bisa membeli sayur-sayuran segar yang dijual disana.

10). Gunung Gajah

Lokasi: Ngemplak, Desa Munggu, Kecamatan Bungkal, Ponorogo, Jawa Timur 63462
Gunung Gajah
Photo credit: pujangga_jawa on Instagram
Hamparan padang rumput yang luas ditambah dengan nyanyian suara burung yang merdu memberikan pengalaman tak terlupakan bagi wisatawan yang berkunjung kesini. Rumput gajah menjadi mata pencaharian utama warga sekitar.

Akses menuju lokasi melalui jalanan yang sudah diaspal dan dekat dengan pusat kota Ponorogo. Namun jika ingin menuju ke puncak tertinggi, Kamu harus bersusah payah dengan menaiki jalan setapak yang cukup jauh.

Tempat ini cocok dijadikan area camping sembari menikmati keindahan malam yang mempesona. Bawalah bekal secukupnya agar tidak kelaparan disana. Tempat penjualan makanan tidak begitu banyak, kamu bisa membelinya saat di perjalanan.

Butuh Hotel di Ponorogo untuk menginap?


Banyak rekomendasi tempat wisata di Ponorogo yang cukup terkenal di kalangan wisatawan baik lokal maupun asing. Jika ingin menghemat budget, tak perlu travelling ke negara lain karena Indonesia memiliki banyak destinasi rekreasi yang sayang untuk dilewatkan.