10 Rekomendasi Tempat Wisata di Majalengka Terbaru 2018

Sejak berdirinya Bandara Kertajati yang bertaraf internasional maka nama Majalengka sebagai salah satu kabupaten di Jawa Barat pun semakin populer bagi masyarakat Indonesia. Adanya fasilitas tersebut secara otomatis memudahkan setiap wisatawan yang ingin mengunjungi kawasan tersebut.

Kemudahan itu tentunya tidak hanya bagi turis domestik saja tetapi juga mereka yang datang dari mancanegara. Majalengka ternyata menyimpan banyak destinasi wisata eksotis yang sangat sayang kamu lewatkan berupa telaga, curug, perbukitan, waterpark, olahraga paralayang dan sebagainya.

Setidaknya ada 10 tempat tujuan wisata yang sangat direkomendasikan untuk kamu kunjungi bersama teman, keluarga atau pasangan. Mari mengenal beberapa Tempat Wisata di Majalengka yang cantik dan menarik untuk dikunjungi bersama orang-orang tersayang.

10 Tempat Wisata di Majalengka Terbaru 2018

1. Telaga Nila Majalengka

Lokasi: Desa Jerukleueut, Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka
Telaga Nila Majalengka
Foto: ksmtour.com
Telaga cantik berwarna biru ini memang sangat eksotis. Sayang karena keberadaannya yang relatif tersembunyi maka belum didukung oleh akses jalan yang memadai. Fasilitas wisata yang layak juga belum dibangun. Namun, justru itulah yang menantang banyak para petualang untuk datang.

Popularitasnya mulai menanjak sejak 2015 karena banyak warganet yang memosting keindahannya. Telaga yang berada di lereng Gunung Cermai ini dikelilingi oleh pepohonan kecil dan tinggi. Kamu bisa berenang untuk menikmati keindahan alam bawah telaga dari Tempat Wisata di Majalengka ini.

2. Cadas Gantung

Alamat: Mirat, Leuwimunding, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat 45473
Cadas Gantung
Foto: liputan6.com
Tebing ini lokasinya  di Desa Leuwimunding yang berdekatan dengan Curug Gantung. Ketinggian tebing itu memang hanya berkisar 750 mdpl tetapi menyuguhkan keindahan yang luar biasa. kamu harus melalui jalur yang berkelok, menanjak dan curam agar bisa menikmati eksotisnya.

Kamu bisa berkemah di lahan yang sudah disediakan sehingga bisa bermalam dan menikmati keindahan destinasi ini lebih puas. Pohon jati, pinus dan kemiri tumbuh subur di kawasan tersebut. Pemandangan persawahan dan perkebunan terlihat keren tapi masih minim fasilitas wisata.

3. Jembar Water Park

Alamat: Ranji Wetan, Kasokandel, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat 45453
Jembar Water Park
Foto: explore-cirebon.blogspot.com
Destinasi wisata keluarga ini berada di desa Ranji Selatan yang sangat mudah diakses jalannya dan dilewati oleh angkutan umum. Keunikan dari waterpark ini adalah mengambil konsep dinosaurus sehingga di setiap sudutnya ditemukan patung hewan pra sejarah tersebut.

Kamu bisa menikmati setiap wahana yang disediakan dan menyewa berbagai keperluan lain untuk berenang di setiap kolamnya. Keunikan lain dari waterboom ini adalah lingkungannya yang dikelilingi alam pedesaan sehingga suasananya begitu asri dan cocok sebagai tempat rekreasi serta relaksasi.

4. Curug Embun Pelangi

Alamat: Sukadana, Argapura, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat 45462
Curug Embun Pelangi
Foto: teluklove.com
Nama lain dari air terjun ini adalah curug Ibun Pelangi. Kata “Ibun” berarti pelangi. Curug ini berada di Desa Sukadana berkisar 17 kilometer dari jantung kota Majalengka. Penamaan Tempat Wisata di Majalengka ini karena munculnya embun atau uap yang berasal dari aliran air curug tersebut.

Bahkan kamu juga bisa menyaksikan pelangi di atasnya sekitar pukul delapan pagi dan dua belas siang. Semakin deras airnya maka pelangi yang terlihat akan tambah jelas. Tebing dan gua juga bisa dijelajahi tapi harus berhati-hati karena jalurnya memiliki kemiringan hingga 85 derajat.

Suasana kawasan ini semakin eksotis dengan terdengarnya suara satwa liar seperti burung elang, kakatua, ular, kelelawar, lutung dan monyet.

5. Bukit Panyaweuyan Argapura

Alamat: Tejamulya, Argapura, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat 45462
Bukit Panyaweuyan Argapura
Foto: kesiniaja.com
Bukit yang menjadi buruan fotografer ini berada di desa Sukasarikaler. Pemandangan terasering yang disuguhkan begitu cantik. Tempat ini bahkan diberikan julukan sebagai bukit bintang karena menjadi tempat yang asyik untuk melihat keindahan alam.

Air terjun Muara Jaya berada tidak jauh dari bukit ini sehingga kamu bisa sekalian menjelajahi kecantikannya. Eksotisme bukit ini lebih cantik kalau kamu datang sebelum sunrise muncul atau sebelum matahari terbenam. Kabut yang muncul semakin menambah keindahannya.

Keindahan lembah Cilongkrang bisa kamu nikmati dari sisi barat dan kegagahan Gunung Cermai di sebalah timur. Ketinggian Tempat Wisata di Majalengka ini mencapai 1000 mdpl sehingga menjadi spot yang tepat untuk menikmati kecantikan alam sepuasnya.

6. Curug Muara Jaya

Alamat: Kampung Apuy, Argamukti, Argapura, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat
Curug Muara Jaya
Foto: libmagz.com
Curug Apuy adalah nama lagi dari objek wisata air terjun Muara Jaya. Curug ini termasuk dalam kategori cascade karena memiliki tingkatan tersendiri dengan tinggi mencapai 73 meter. Hamparan kebun sayur dan palawija bisa kamu temukan di kawasan tersebut. Udaranya dijamin sangat sejuk.

Kamu bisa menggunakan kendaraan sendiri atau angkot dengan jarak sekitar 23 kilometer dari pusat kota Majalengka. Fasilitas yang disediakan berupa camping ground, mushola, warung makan, toilet dan ruang untuk bermain anak kecil. Jadi lokasi ini cocok juga untuk wisata keluarga.

7. Curug Sempong

Alamat: Cisempong, Sidamukti, Kec. Majalengka, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat 45411
Curug Sempong
Foto: teluklove.com
Lokasi objek wisata air terjun ini berada di desa Cisempong. Akses jalan menuju kawasan desa tersebut sangat mudah dan bagus. Oleh karena jalannya sudah diaspal sehingga sangat mendukung arus kunjungan wisatawan yang selalu ramai saat akhir pekan dan liburan.

Sesampainya di loket pembayaran dengan tarif sangat murah selanjutnya kamu hanya perlu berjalan menyusuri perkebunan atau persawahan warga setempat sekitar satu kilometer saja. Sesudah itu kamu bisa menemukan air terjun dan kolam yang cantik dengan panorama alam nan asri.

8. Perkebunan Teh Cipasung

Alamat: Cipasung, Lemahsugih, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat 45465
Perkebunan Teh Cipasung
Foto: alzyress.wordpress.com
Sesuai namanya lokasi objek wisata ini terletak di desa Cipasung dengan jarak sekitar 53 kilometer dari jantung kota Majalengka. Bagi kamu yang datang dari Tasikmalaya bisa lebih dekat sekitar 43 kilometer. Sedangkan kalau dari Bandung hanya berjarak 18 kilometer saja.

Lokasi perkebunan ini berada di lereng Gunung Cakrabuana. Pemandangan kebun teh nan hijau dan udara yang sangat sejuk menjadi keistimewaan destinasi ini. Luas areal kebun ini mencapai 53 hektar dan terdapat pabrik pengolahan teh di kawasan itu.

Toilet, mushola dan warung makan adalah beberapa fasilitas yang tersedia bagi wisatawan. Bila kamu beruntung bisa melihat langsung aktivitas pemetik teh. Tentunya kegiatan itu menjadi momen menarik tersendiri bagi para wisatawan di Tempat Wisata di Majalengka ini.

9. Wisata Paralayang Majalengka

Alamat: Sidamukti, Kec. Majalengka, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat 45417
Wisata Paralayang Majalengka
Foto: azwisata.com
Kamu penyuka olahraga paralayang? Destinasi di Majalengka ini wajib dikunjungi karena kamu bisa melihat kegagahan Gunung Cermai dan alam sekitar dari ketinggian. Panorama yang disuguhkan pastinya akan memberikan pengalaman baru dan menantang.

Selain naik gantole kamu juga bisa menikmati aktivitas seru lainnya seperti flying fox, paintball, outbond, motor ATV dan sebagainya. Tiket masuknya sangat terjangkau jadi tetap menjadi liburan yang murah dan menyenangkan. Fasilitas sangat memadai bagi para wisatawan.

10. Terasering Panyaweuyan

Alamat: Sukasari Kidul, Argapura, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat 45462
Terasering Panyaweuyan
Foto: Foto: Flickr/Saweuy Land
Pemandangan unik dari petak sawah di pegunungan memang unik seperti yang disuguhkan destinasi terasering Panyaweuyan. Sawah itu masih dimanfaatkan warga untuk menanam bawang merah, ubi jalar, padi dan tumbuhan lainnya. Saat masa tanam dan panen memberikan keindahan tersendiri.

Kalau kamu ingin menyaksikan pemandangan terbaik disarankan datang pada jam 5 pagi. Kamu bisa menyaksikan keindahan matahari terbit dan aktivitas warga setempat. Akses jalan menuju kawasan tersebut berkelok dan naik turun khas pegunungan.

Penutup

Itulah daftar Tempat Wisata di Majalengka yang keren dan memikat siapa saja untuk segera mengunjunginya.