10 Tempat Wisata di Jerman, Semuanya Menakjubkan!

Jerman menjadi salah satu negara destinasi favorit para pelancong dari berbagai belahan dunia. Ada banyak tempat wisata di Jerman, terutama wisata sejarah dan budaya yang menjadi saksi peristiwa penting di masa lampau.

Saking banyaknya tempat-tempat menarik yang wajib dikunjungi, mustahil bisa menyinggahi semuanya dalam satu hari. Tidak hanya wisata berupa bangunan bersejarah saja, Jerman juga memiliki destinasi alam yang menakjubkan.

Jika kamu tengah merencanakan liburan ke Jerman, tidak perlu bingung harus mengunjungi tempat mana saja. Berikut rekomendasi 10 destinasi wisata favorit di Jerman yang bisa kamu jadikan referensi saat bepergian ke negara di Eropa Barat ini.

10 Tempat Wisata di Jerman Terbaru 2019

1. Neuschwanstein Castle

Alamat: Neuschwansteinstraße 20, 87645 Schwangau, Germany

Neuschwanstein Castle
Foto: bloghotelscombined.com

Salah satu tempat wisata di Jerman yang paling wajib dikunjungi adalah Neuschwanstein Castle. Kamu akan dibuat takjub dengan keindahan kastil agung bak negeri dongeng yang berada di kelilingi pepohonan, danau dan perbukitan.

Kastil ini dibangun sejak awal abad ke-19 dan berdiri kokoh di antara kaki pegunungan Alpen. Karena lokasinya berada di atas bukit, kamu perlu mempersiapkan tenaga ekstra untuk menjangkaunya. Namun semua lelah akan terbayar begitu tiba di kastil nan megah ini.

Neuschwanstein Castle kental dengan arsitektur Neo-Romanesque yang menakjubkan. Meskipun bangunan kuno, tapi kastil ini masih sangat kokoh dan keindahannya tetap terjaga. Kamu juga bisa menyaksikan panorama ketinggian yang menawan.

2. Cologne Cathedral

Alamat: Domkloster 4, 50667 Köln, Germany

Cologne Cathedral
Foto: trover.com

Gereja katedral ini memiliki gaya bangunan Gothic yang sangat kuat. Bangunan ini telah ada sejak 1248 dan masih berdiri kokoh hingga sekarang. Cologne Cathedral disebut sebagai salah satu katedral paling besar di Eropa sehingga banyak menarik minat wisatawan.

Selain memiliki keindahan bangunan yang menakjubkan, katedral ini punya nilai sejarah tinggi. Dibangun selama kurang lebih 600 tahun lamanya, kini jutaan orang dari seluruh dunia bisa menikmati kemegahannya.

Di dalam katedral terdapat altar dan bagian-bagian lain sebagaimana katedral pada umumnya. Hanya saja beberapa benda di tempat ini sejatinya adalah peninggalan bersejarah, karena asal-usulnya yang berkaitan dengan Raja Ludwig yang terkenal.

3. Brandenburg Gate

Alamat: Pariser Platz, 10117 Berlin, Germany

Brandenburg Gate
Foto: en.wikipedia.org

Tempat wisata di Jerman Brandenburg Gate ibarat ikon Jerman yang wajib kamu singgahi. Gerbang Berlin ini menjadi lambang persatuan Berlin Timur dengan Berlin Barat yang telah berselisih selama puluhan tahun.

Tidak akan lengkap berkunjung ke Jerman tanpa mengabadikan momen di tempat ikonik ini. Bangunan gerbangnya yang kokoh berdiri dengan enam sisi pilar penyangga. Ada juga patung kuda yang terdapat pada bagian atas gerbang.

Gerbang simbol persatuan politik ini banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai belahan dunia yang ingin menyaksikan sendiri kemegahannya.

4. Rhine River

Lokasi: Koln, Bonn, Düsseldorf, Starsbourg, Basel, Koblenz, Mainz

Rhine River
Foto: planetware.com

Tidak hanya wisata sejarah dan budaya saja, Jerman juga memiliki wisata alam yang tidak kalah menakjubkan. Rhine River atau Sungai Rhine menawarkan nuansa romantis tepi sungai yang eksotis.

Pada sepanjang Sungai Rhine, kamu bisa menyaksikan berbagai kastil dan puing-puing kota tua yang bersejarah. Saat malam hari, lampu kota akan menyala dan momen ini sangat indah disaksikan dari sisi Sungai Rhine.

Sungai sepanjang 1.036,2 kilometer ini mengalir di beberapa negara, mulai dari Belanda hingga North Sea. Kamu bisa menjelajahinya dengan cruise atau layanan wisata lain yang disediakan.

5. Maulbronn Monastery

Alamat: Klosterhof 5, 75433 Maulbronn, Germany

Moulbronn Monastery
Foto: upload.wikimedia.org

Maulbronn Monastery atua Biara Monastery telah dicatat sebagai salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO. Arsitekturnya yang khas mengingatkan pada gaya bangunan dari abad pertengahan.

Biara ini telah dibangun sejak 1993. Untuk bisa menikmati keindahannya, kamu harus datang ke biara ini saat jam operasionalnya dibuka, yaitu pukul 09.00—18.00 waktu setempat.

Kamu akan dimanjakan dengan nuansa asri dan elegan bangunan kuno yang menawan. Ada banyak spot foto menarik untuk mengabadikan momen. Kamu juga bisa menggali informasi tentang sejarah Maulbronn Monastery dari pemandu wisata yang ada.

6. Heidelberg Old City

Alamat: Am Hackteufel, 69117 Heidelberg, Germany

Heidelberg Old city
Foto: iloveyouholiday.com

Heidelberg Old City atau Kota Tua Heidelberg merupakan tempat wisata di Jerman selanjutnya yang wajib kamu kunjungi. Kota ini menjadi saksi kedahsyatan Perang Dunia II, tapi sungguh luar biasa karena tidak hancur dan masih bisa berdiri hingga kini.

Beberapa bagian bangunan sudah menjadi puing-puing. Dulunya Heidelberg adalah benteng pertahanan yang melindungi pasukan Jerman dari serbuan musuh.

Serupa dengan kota-kota lain, di Heidelberg terdapat rumah-rumah, bangunan sekolah, jalanan, dan sebagainya. Yang istimewa adalah arsitektur bangunan di kota ini masih mempertahankan ciri khas gaya kota kuno yang menawan.

7. Rugen Cliffs

Alamat: Cliff am Meer 1, 18586 Sellin, Germany

Rugen Cliffs
Foto: flickr.com

Rugen Cliffs atau Tebing Rugen menjadi destinasi wisata yang sangat menarik bagi pecinta panorama alam. Tebing ini berdiri kokoh secara alami di antara Laut Baltik dan Pomeranian. Tebing Rugen terbentuk dari batuan kapur sehingga warnanya putih eksotis.

Dari atas tebing kamu bisa menyaksikan luasnya Laut Baltic yang berwarna zamrud. Selain itu, Tebing Rugen juga dikelilingi oleh hutan alami Jasmund National Park yang memberikan pemandangan hijau menyejukkan mata.

Kamu akan dimanjakan dengan indahnya panorama alam tak tertandingi. Tempat ini sangat cocok sebagai tempat refreshing karena suasanya yang asri dan masih sangat alami.

8. Holstentor

Alamat: Holstentorplatz, 23552 Lübeck, Germany

Holsentor
Foto: commons.wikimedia.org

Holstentor merupakan tempat wisata di Jerman berupa gerbang besar dan kokoh yang berasal dari bahan batu bata merah dan didesain dengan gaya Gothic. Tempat ini dulu pernah difungsikan menjadi museum karena memiliki nilai sejarah yang tinggi.

Pada bagian atas dua bangunan Holstentor berbentuk lancip menyerupai kepala kastil gaya Eropa, sedangkan pada bagian tengahnya bertingkat. Sungguh bentuk yang unik!

UNESCO juga telah menetapkan bangunan agung yang indah ini sebagai salah satu situs warisan dunia. Pada bagian depan gerbang terdapat jalan dan lapangan rumput yang hijau dengan beberapa bangku taman sebagai tempat bersantai.

9. Frauenkirche Church

Alamat: Neumarkt, 01067 Dresden, Germany

Frauenkirche Church
Foto: tripsavvy.com

Frauenkirche Church atau Gereja Frauenkirche sudah berdiri sejak abad ke-11, menunjukkan berapa tua usia bangunan ini. Meskipun dulu gereja ini pernah hancur ketika masa Perang Dunia II, tapi pada tahun 1720an telah dilakukan rekonstruksi.

Gereja ini memiliki salib emas di pada bagian kubahnya. Pada halaman bangunan terdapat patung yang ikonik. Ketika malam hari saat lampu-lampu dinyalakan, Gereja Frauenkirche akan memberikan keindahan lain yang tidak kalah dengan panoramanya saat siang hari.

10. Tembok Berlin

Lokasi: Jerman

Tembok Berlin
Foto: dunia.tempo.co

Tembok Berlin memiliki nilai sejarah sangat penting. Pada masa lampau, tembok inilah yang membagi Kota Berlin menjadi Berlin Timur dan Berlin Barat. Namun setelah keruntuhannya, kedua Berlin menyatu dan tembok ini tetap dipertahankan sebagai saksi sejarah.

Tembok Berlin terbuat dari struktur beton yang kokoh. Beberapa spot pada tembok ini terdapat panel informasi guna memudahkan pengunjung mempelajari sejarah Tembok Berlin. Jadi selain berwisata, kamu juga bisa belajar tentang salah satu sejarah penting di dunia.

Lihat Juga: Rekomendasi Tempat Wisata di Indonesia

Butuh Hotel di Jerman untuk menginap?

Penutup

Itulah rekomendasi 10 tempat wisata di Jerman yang paling wajib dikunjungi. Dengan mengunjungi tempat-tempat tersebut, kamu bisa berwisata sekaligus mendapatkan wawasan baru tentang sejarah.