10 Tempat Wisata di Makassar, Keindahannya Bikin Terpana!

Ada banyak tempat wisata di Makassar yang indah dan menakjubkan. Bahkan, di sekitarnya pun banyak daerah yang menyimpan destinasi wisata yang indah, misalnya Pangkep, Gowa dan lain-lain.

Beragam wisata yang ada di ibukota Sulawesi Selatan ini memang sangat layak untuk dikunjungi. Jadi kamu bisa berwisata ke Makassar dengan mengajak serta teman atau keluarga.

Nah, untuk kamu yang kini tengah bingung dalam menentukan tempat wisata yang tepat, berikut ini ada 10 tempat wisata di Makassar yang wajib untuk dikunjungi nanti.

10 Tempat Wisata di Makassar Terbaru 2019

1. Pantai Losari

Lokasi: kota Makassar, provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia

Pantai Losari
Foto: nativeindonesia.com

Tempat wisata di Makassar yang bisa dibilang paling popular adalah Pantai Losari. Pantai ini terkenal karena memiliki keindahan sunset yang sungguh luar biasa.

Pantai Losari terletak pada pusat kota Makassar. Untuk rutenya cukup mudah, dan kamu bisa menggunakan kendaraan apapun baik pribadi atau umum. Untuk waktu tempuh dari bandara biasanya 1 jam, tapi jika kamu lewat tol maka akan lebih cepat jadi 40 menit.

Berbicara tentang harga tiketnya, kamu bisa bersenang hati karena untuk bisa menikmati pemandangan sunset di Pantai Losari tidak dipungut biaya apapun alias gratis. Jadi kamu bisa datang kapanpun yang kamu mau.

Lihat Juga: Deretan Tempat Wisata di Sulawesi Utara

2. Air Terjun Bantimurung

Lokasi: Kecamatan Bantimurung, Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan

Air Terjun Bantimurung
Foto: id.wikipedia.org

Jika kamu pernah dengar taman kupu-kupu, mungkin nama yang dimaksud adalah Taman Wisata Bantimurung. Bantimurung merupakan tempat pemandian alam yang memiliki air terjun besar.

Awalnya, Bantimurung hanya memiliki wahana air terjun namun sekarang sudah banyak fasilitas yang ada misalnya taman bermain, ada kolam renang, taman kupu-kupu, lapangan tennis dan masih banyak lagi.

Untuk harga tiket masuknya sendiri, hanya perlu merogoh kocek sebesar 35 ribu rupiah. Harga yang sangat terjangkau untuk wahana-wahana menakjubkan yang bisa kamu dapatkan.

Lihat Juga: Jajaran Tempat Wisata di Sulawesi Tenggara

3. Pulau Lae Lae

Lokasi: Pulau Laelae, Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan

Pulau Lae Lae
Foto: ksmtour.com

Nah, destinasi yang satu ini juga masuk ke dalam tempat wisata di Makassar yang indah dan menakjubkan. Di pulau ini kamu bisa snorkeling untuk menyapa para ikan-ikan yang mungil dan lucu.

Pulau Lae-lae terletak di 1,5 km dari Makassar. Jika dilihat dari Pantai Losari, pulau ini akan tampak jelas. Jika nanti kamu pergi ke mulai ini dari Dermaga Kayu Bangkoa, kamu hanya perlu waktu sekitar 5 menit dengan naik perahu motor. Untuk biayanya sendiri sekitar 15 ribu per orangnya.

Fasilitas yang bisa kamu dapatkan di tempat ini cukup banyak. Kamu bisa melihat terowongan bawah tanah yang katanya terhubung ke benteng Fort Rotherdam. Namun sayang, karena tak terawat, jalanan pada terowongan ini tidak bisa dilewati atau buntu.

Lihat Juga: Pilihan Tempat Wisata di Sulawesi Tengah

4. Hutan Mangrove Lantebung

Alamat: Jl. Lantebung, Bira, Kec. Tamalanrea, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90243

Hutan Mangrove Lantebung
Foto: sulsel.idntimes.com

Makassar kini memiliki ikon wisata hutan bakau, yaitu Hutan Mangrove Lantebung. Hutan ini memiliki track yang berwarna-warni. Jika kamu ingin berkeliling hutan, kamu bisa menggunakan kapal wisata yang telah disediakan di sepanjang sungai.

Untuk tiba di Hutan Mangrove Lantebung sangat mudah. Kamu akan melihat sebuah plang nama dengan tulisan Mangrove Center Makassar Lantebung yang jadi petunjuk pada saat masuk di wilayah Bira.

Adapun biaya yang harus kamu keluarkan saat ingin berwisata di Hutan Mangrove Lantebung sebesar 2 ribu rupiah saja. Harga yang sangat murah dan kamu bisa berlibur sepuasnya sembari berselfie ria karena memang di tempat ini banyak sekali spot untuk berfoto yang keren.

Lihat Juga: Rekomendasi Tempat Wisata di Sulawesi Selatan

5. Pulau Kayangan

Lokasi: Desa Bulo Gading, Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar.

Pulau Kayangan
Foto: nativeindonesia.com

Pulau Kayangan adalah pulau yang memiliki bentuk lonjong berlokasi cukup dekat dari kota Makassar. Pulau yang indah satu ini bisa kamu lihat dengan menggunakan perahu.

Untuk bisa tiba di Pulau Kayangan bisa menggunakan perahu dengan waktu tempuh sekitar 15 menit. Sementara untuk tarif naik perahunya sebesar 40 ribu rupiah per orang.

Ada banyak sekali fasilitas yang bisa kamu dapatkan di tempat ini mulai dari resortnya, panggung hiburan, ada juga taman bermain, arena olahraga dan lain-lain. Jadi kamu bisa mengajak teman atau kerabat kamu untuk berlibur di pulau ini.

Lihat Juga: Rekomendasi Tempat Wisata di Sulawesi Barat

6. Pulau Samalona

Lokasi: Kecamatan Wajo, Makassar, Sulawesi Selatan

Pulau Samalona
Foto: travelingyuk.com

Mungkin pulau satu ini masih asing didengar. Banyak orang yang tidak tahu jika Pulau Samalona merupakan salah satu pulau yang ada di Nusantara dengan daya tariknya yang sayang dilewatkan.

Untuk bisa sampai ke Pulau Samalona cukup mudah. Kamu hanya perlu sewa boat di dermaga Makassar dengan jarak yang hanya 2 km ke Samalona. Meskipun dekat, namun untuk bisa menyewa boat kamu harus antri karena memang di dermaga sendiri sangat ramai lalu lintasnya.

Di Pulau Samalona, kamu bisa menjelajahi pulau dengan berkeliling melihat pemandangan yang indah. Kamu juga bisa snorkeling dan diving dengan membayar sewa 100 ribu rupiah saja.

7. Air Terjun Takapala Malino

Alamat: Bonto Lerung, Tinggimoncong, Gowa Regency, South Sulawesi 92174

Air Terjun Takapala Malino
Foto: jejakpiknik.com

Air Terjun Takapala Malino termasuk air terjun yang cukup tinggi yakni 109 meter dengan debit air yang sangat deras apalagi ketika musim hujan tiba. Air Terjun Takapala memiliki udara yang sejuk jadi cocok untuk kamu yang ingin berenang atau sekedar bermain air.

Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi dengan waktu tempuh 2 jam atau lebih. Namun jika memilih kendaraan umum sebagai transportasi menuju lokasi, kamu bisa ke terminal Mallengkeri untuk menuju ke Sungguminasa.

8. Helena Sky Bridge

Alamat: Kalabbirang, Bantimurung, Maros Regency, South Sulawesi 90561

Helena Sky Bridge
Foto: travel.kompas.com

Di Taman Nasional Bantimurung ada latar swafoto yang sangat indah yakni Helena Sky Bridge. Jembatan ini merupakan jembatan tertinggi yang ada di kerajaan kupu-kupu. Meskipun baru berdiri sejak 2017 silam, namun Helena Sky Bridge sudah memiliki banyak pengunjung.

Untuk tiket masuk ke Helena Sky Bridge cukup murah yakni 20 ribu di hari biasa sedangkan 23 ribu di hari libur. Tempat ini sangat cocok untuk kamu yang suka berpetualang dan berfoto ria.

9. Pulau Kambing

Alamat: Bira, Bonto Bahari, Bulukumba Regency, South Sulawesi

Pulau Kambing
Foto: indonesiakaya.com

Pulau Kambing adalah salah satu tempat wisata di Makassar yang sayang untuk dilewatkan terutama untuk kamu yang suka dengan wisata laut. Untuk bisa tiba ke pulau ini kamu hanya perlu menggunakan kapal dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

Pulau satu ini bisa kamu nikmati dengan melakukan kegiatan seperti snorkeling. Di Pulau Kambing ada tempat menyewa alatnya yang biasanya dipatok dengan harga sekitar 300 ribu.

10. Air Terjun Parangloe

Lokasi: kecamatan Parangloe kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan

Air Terjun Parangloe
Foto: anekawisatanusantara.blogspot.com

Tempat wisata di Makassar terakhir yang akan saya bahas adalah Air Terjun Parangloe. Air terjun satu ini bisa dibilang air terjun terindah di Sulawesi Selatan karena memiliki air terjun bertingkat yang disebabkan adanya susunan batu bertingkat sehingga air terjun yang jatuh seperti bertingkat.

Untuk menuju ke lokasi, kamu harus jalan kaki karena jalannya setapak. Namun jangan khawatir, di sepanjang perjalanan nanti mata kamu akan dimanjakan dengan pemandangan alami hutan yang segar dan masih segar. Jarak tempuh dari Makassar menuju Air Terjun Parangloe kurang lebih 2 jam.

Lihat Juga: Rekomendasi Tempat Wisata di Indonesia 

Butuh Hotel di Makassar untuk menginap?

PenutupTer

Itulah beberapa tempat wisata di Makassar yang sangat populer dan banyak dikunjungi para wisatawan. Tak hanya wisatawan dari dalam pulau, banyak wisatawan dari luar pun tertarik untuk menikmati keindahan dari destinasi wisata di Makassar ini.