10 Tempat Wisata di Padang, Bisa Ngapain Aja!

Kota Padang merupakan Ibu Kota Provinsi Sumatra Barat. Statusnya sebagai ibu kota provinsi menjadikan Kota Padang banyak dikunjungi, ditambah lokasinya yang berhadapan dengan Samudra Hindia menjadikan banyak tempat wisata di Padang yang bisa kamu datangi, termasuk wisata pantai.

Ragam jenis wisata mulai dari wisata alam di pantai dan gunung, wisata kuliner, dan wisata sejarah. Untuk wisata kuliner tentu tidak bisa kamu ragukan lagi misalnya adanya rendang yang nikmatnya sampai terdengar ke seluruh dunia.

Ada banyak hal lain yang menjadikan berwisata di Padang sangat menarik. Budaya adat minang yang kental tentu sudah sering kamu dengar, misalnya cerita berlatar Padang yang sangat populer seperti Malin Kundang dan Siti Nurbaya.

10 Tempat Wisata Di Padang Terbaru 2019

1. Pantai Air Manis Batu Malin Kundang

Alamat: Air Manis, Padang Selatan, Padang City, West Sumatra

Pantai Air Manis Malin Kundang
Foto: travel.detik.com

Jika kamu penasaran seperti apa bentuk batu yang dianggap sebagai Malin Kundang yang dikutuk ibunya karena menjadi anak durhaka bisa kamu temukan di objek wisata Pantai Air Manis Batu Malin Kundang.

Kamu wajib mengunjungi objek wisata Batu Malin Kundang karena tempat ini merupakan satu dari yang paling populer di antara tempat wisata di Padang. Selain melihat Batu Malin Kundang, kamu bisa menikmati ombak dengan latar Gunung Padang di Panti Air Manis ini dengan tarif Rp 5000.

Lihat Juga: Deretan Tempat Wisata di Sumatera Utara

2. Jembatan Siti Nurbaya

Alamat: Jl. Kp. Batu, Batang Arau, Kec. Padang Sel., Kota Padang, Sumatera Barat

Jembatan Situ Nurbaya
Foto: guideplanet.com

Tidak seperti cerita SIti Nurbaya yang berakhir tragis, Jembatan Siti Nurbaya bisa jadi kunjungan wisata yang menyenangkan buat kamu. Indahnya Jembatan Siti Nurbaya ini sangat bagus kamu kunjungi di malam hari.

Saat malam hari, lokasi ini sangat ramai oleh pengunjung yang menikmati view jembatan dan lampu-lampu kota. Sambil menikmati view yang indah, kamu bisa sambil kuliner menikmati makanan-makanan karena banyak penjual makanan yang bisa temukan di sepanjang jalan.

Lihat Juga: Pilihan Tempat Wisata di Sumatera Selatan

3. Sitinjau Lauik

Lokasi: Padang-Arosuko-Solok, Sumatera Barat

Sitinjau Lauik
Foto: guideplanet.com

Tempat wisata Sitinjau Lauik juga populer dengan sebutan Padang Scenic Point. Tempat wisata ini dapat kamu kunjungi pada siang hari maupun malam hari. Pemandangan pada siang hari berupa hamparan bukit hijau dan Samudra Hindia di kejauhan. Selain itu, ada pula kolam untuk berendam.

Lampu kerlap-kerlip Kota Padang menjadi pemandangan yang mengesankan di malam hari. Pemandangan yang indah dari ketinggian 1.000 meter ini dapat kamu nikmati dengan terlebih dahulu menempuh jalanan yang terjal. Tentu saja kesulitan itu terbayar dengan indahnya pemandangan.

Lihat Juga: Jajaran Tempat Wisata di Sumatera Barat

4. Lembah Anai

Alamat: Singgalang, Sepuluh Koto, Tanah Datar Regency, West Sumatra 27282

Lembah Anai
Foto: indonesiakaya.com

Lembah Anai merupakan wisata alam berupa air terjun. Lokasi dari Lembah Anai sangat aksesibel, yaitu dapat ditempuh dengan mobil pribadi dari Kota Padang, bahkan dengan angkutan umum dari Bandara Ketaping Padang. Tak heran karena memang lokasinya dekat dengan Jalan Raya Pagang-Bukittinggi.

Kamu juga dapat menikmati view Lembah Anai ketika sedang menaiki kereta api karena rute kereta api melewati sisi atas dari Lembah Anai ini. Objek Wisata Lembah Anai bisa kamu kunjungi sejak pukul 07.00 sampai 18.00 dengan tarif masuk Rp 3000,-.

5. Pulau Cubadak

Lokasi: kabupaten Pesisir Selatan, provinsi Sumatra Barat.

Pulau Cubadak
Foto: nativeindonesia.com

Pulau Cubadak dapat menjadi tujuan kamu yang ingin menikmati wisata pantai dengan keindahan alam bawah laut dengan snorkeling. Kamu juga dapat menikmati wahana seperti perahu atau motor boat.

Jarak yang harus ditempuh dari Bandara Kota Padang yaitu 3 jam perjalanan. Paradiso Village di Pulau Cubadak dikelola oleh investor dari Italia, tak heran jika biaya yang kamu keluarkan memang cukup mahal.

Biaya sewa sekitar Rp 1.560.000,- per orang per malam yang merupakan biaya menginap, makan, dan sewa alat snorkeling. Namun semua terbayar dengan suasana yang asri dan bersih.

6. Museum Adityawarman

Alamat: Jalan Diponegoro No. 10, Belakang Tangsi, Padang Barat, Belakang Tangsi, Kec. Padang Bar., Kota Padang, Sumatera Barat 25114

Museum Adityawarman
Foto: pegipegi.com

Kota Padang memiliki museum yang terkenal yaitu Museum Adityawarman. Museum Adityawarman menjadi salah satu tempat wisata di Kota Padang setelah dibangun dan diresmikan pada tahun 1974.

Museum Adityawarman berdiri pada area seluas 2,6 ha dan di dalamnya ada banyak benda-benda yang menggambarkan sejarah Kota Padang. Bentuk bangunannya sendiri khas rumah panggung Suku Minang. Tarif masuknya sendiri yakni Rp 5.000, mulai jam 08.00 hingga jam 18.00.

7. Miniatur Makkah

Lokasi: Sungai Lareh, Lubuk Minturun Kota Padang, Sumatera Barat 

Miniatur Makkah
Foto: klikberita.co.id

Miniatur makkah sebagai salah satu wisata religi yang ada di Kota Padang dibangun pada tahun 2000 dan selesai tahun 2001. Pada saat menjelang musim haji, tempat wisata ini dijadikan asrama dan tempat manasik bagi calon haji.

Miniatur yang ada mirip sekali dengan bangunan yang ada di Makkah. Selain itu, kamu bisa melihat binatang-binatang yang ada di lokasi ini salah satunya unta.

Sebenarnya tempat wisata ini mulanya dibangun sebagai hadiah pernikahan Haji Nuril Zakir dan Istrinya dan kemudian menjadi tempat wisata.

8. Pulau Sikuai

Lokasi: Pulau Sikuai, South Teluk Kabung, Bungus Teluk Kabung, Padang City, West Sumatra

Pulau Sikuai
Foto: jejakpiknik.com

Pulau sikuai dapat diakses dari Pantai Bungkus dengan kapal, memakan waktu sekitar 45 menit. Wisata di Pulau Sikuai sangat cocok bagi kamu yang ingin menghabiskan waktu berdua saja bersama pasangan kamu. Ketenangan dan keindahan pulau ini dapat membangun suasana yang romantis.

Tersedia hotel bintang 2 yang bisa kamu jadikan tempat menginap. Tentu tempat wisata ini menjadi tujuan favorit bagi pasangan baru di antara tempat wisata di Padang yang lainnya.

9. Pantai Caroline

Alamat: Jl. Padang Painan, Bungus Selatan, Bungus Teluk Kabung, Bungus Sel., Bungus Tlk. Kabung, Kota Padang, Sumatera Barat 25226

Pantai Caroline
Foto: jejakpiknik.com

Wisata Pantai memang ada banyak di Padang karena memang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia. Pantai Caroline merupakan salah satu wisata pantai yang populer di Kota Padang. Kamu bisa mencapai Pantai Caroline bahkan dengan angkutan umum jurusan Bungkus.

Pantai Caroline menawarkan banyak fasilitas seperti cottage, taman bermain, panggung kesenian, dan restoran. Pada siang hari kamu bisa menyewa kapal untuk mengunjungi pulau-pulau karang yang ada dekat dengan Pantai Carolien dengan tarif kurang lebih Rp 500.000 untuk 4 hingga 6 orang.

Tarif masuk ke Pantai Caroline yaitu Rp 5.000,- saja, dan jika kamu hanya ingin bersantai di pinggiran pantai, kamu bisa menyewa tikar dengan tarif Rp 5.000,-. Ada pula kelapa muda dengan harga Rp 5.000,-.

10. Air Terjun Tiga Tingkat

Alamat: North Teluk Kabung, Bungus Teluk Kabung, Padang City, West Sumatra 25237

Air Terjun Tiga Tingkat
Foto: dictio.id

Air terjun tiga tingkat menyuguhkan wisata alam yang sangat menarik buat kamu yang suka berpetualang. Seperti namanya, air terjun ini terdiri dari tiga tingkat yang untuk mencapainya kamu harus berjalan menaiki tebing bebatuan yang terjal dan licin.

Sangat menantang dan bisa dipilih buat kamu yang suka petualangan. Berada 22 km dari Kota Padang dengan ketinggian 600 m menjadikan tempat wisata ini tidak terlalu sulit dijangkau.

Tarif masuknya sendiri murah, hanya Rp 5.000,- saja, sehingga sangat cocok jadi salah satu wisata menantang favorit di antara tempat wisata di Kota Padang yang lain.

Lihat Juga: Rekomendasi Tempat Wisata di Indonesia

Butuh Hotel di Padang untuk menginap?

Penutup

Demikian 10 Tempat wisata di Kota Padang yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa mengunjungi satu per satu mulai dari yang paling mudah hanya untuk sekedar bersantai hingga yang tersulit apabila kamu menyukai liburan yang menantang.