10 Tempat Wisata di Tokyo, Semakin Indah Saat Malam Hari!

Ibu kota Jepang, Tokyo, merupakan sebuah kota besar yang penuh dengan destinasi wisata menarik. Dilabeli sebagai kota paling mahal untuk hidup, Tokyo juga menjadi kota paling modern dalam hal infrastruktur dan desain. Oleh karena itu, tempat wisata di Tokyo sangat beragam.

Kamu bisa menikmati banyak hal di Tokyo, mulai dari museum, festival, atraksi yang menarik, pusat perbelanjaan, wisata kuliner, wisata sejarah dan masih banyak lagi. Tapi, apakah Kamu sudah tahu tempat wisata yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan?

Dengan banyaknya destinasi wisata untuk dipilih, mungkin Kamu bingung tempat mana yang harus dikunjungi. Setelah membaca artikel ini, Kamu tak perlu lagi merasa khawatir, daftar ini merangkum tempat wisata terbaik yang harus Kamu kunjungi ketika berada di Tokyo.

10 Tempat Wisata di Tokyo Terbaru 2019

1. Shibuya Scramble Crossing

Lokasi: Tokyo

Shibuya Sramble Crosing
Foto: gotokyo.org

Jalan-jalan Shibuya di Tokyo terkenal karena banyaknya toko-toko, restoran, cafe dan hiburan malam yang buka selama 24 jam tiap harinya. Hal yang paling menarik disana adalah penyeberangan jalan yang tepat berada di depan Stasiun Shibuya.

Jalan-jalan di Shibuya Crossing penuh sesak dengan orang-orang di tiap pergantian lampu lalu lintas. Shibuya merupakan tempat yang tepat untuk melihat kultur dan populasi masyarakat Jepang di ibu kota negara.

Tepat disamping Stasiun Shibuya terdapat patung Hachiko yang terkenal. Hachiko merupakan seekor anjing yang menunggu tuannya hingga mati. Kamu bisa mengunjunginya sebelum ikut menjadi bagian dalam kerumunan manusia di Shibuya Crossing.

2. Tokyo Skytree

Alamat: 1 Chome-1-2 Oshiage, Sumida City, Tokyo 131-0045, Japan

Tokyo Skytree
Foto: japan-guide.com

Merupakan salah satu ikon yang paling terkenal dan merupakan tempat wisata di Tokyo yang populer. Tokyo Skytree merupakan menara paling tinggi di Jepang dengan tinggi 634 meter. Menara ini menawarkan dua tempat observasi yaitu Tembo Deck dan Tembo Gallery.

Tokyo Skytree buka setiap hari dari pukul 8 pagi hingga 10 malam. Di dekatnya, Kamu bisa sekalian berkunjung ke toko-toko suvenir, planetarium, berbelanja, mengunjungi akuarium raksasa atau sekedar menikmati pemandangan.

3. Pasar Ikan Tsukiji

Alamat: 5 Chome-2-1 Tsukiji, Chuo City, Tokyo 104-0045, Japan

Pasar Ikan Tsukiji
Foto: travel.kompas.com

Pasar Ikan Tsukiji merupakan pasar ikan terbesar di dunia. Pasar ini terbuka untuk dikunjungi dan terdapat 400 restoran di sekitar area pasar ikan. Disana Kamu bisa memakan sushi atau kaisen-don (ikan laut mentah yang disajikan diatas nasi dalam mangkuk) dari ikan segar.

Bagian yang paling menarik dari pasar ikan Tsukiji adalah pelelangan tuna yang dibuka secara terbatas. Hanya dibuka untuk 120 orang saja tiap harinya. Tiket bisa dibeli di pusat informasi pasar pada pukul 4.30 pagi. Kamu harus datang lebih awal agar tidak kehabisan.

4. Kuil Senso-ji

Alamat: 2 Chome-3-1 Asakusa, Taito City, Tokyo 111-0032, Japan

Kuil Senso-ji
Foto: jalan2kejepang.com

Jepang memilki banyak kuil yang tersebar di seluruh negara, namun Kuil Senso-ji adalah kuil yang paling tua. Kamu juga bisa menunjungi kuil ini di sore hari untuk melihat pencahayaan yang menakjubkan.

Ketika mengunjungi Kuil Senso-ji, jangan lupa mampir ke Nakamise-dori. Disana menjual suvenir kuil, jajanan tradisional dan juga jimat keberuntungan. Kuil dibuka sejak pukul 6 pagi dan tutup sekitar pukul 5 sore.

5. Kuil Meiji

Alamat: 1-1 Yoyogikamizonocho, Shibuya City, Tokyo 151-8557, Japan

Kuil Meiji
Foto: jalan2kejepang.com

Kuil ini merupakan tempat wisata di Tokyo terpopuler selanjutnya. Kuil Meiji didedikasikan untuk Kaisar Meiji dan istrinya, Permaisuri Maiken. Ketika masuk dan keluar dari kuil, Kamu diharuskan membungkuk satu kali sebagai bentuk rasa hormat.

Kuil Meiji buka setiap hari dari pukul 6.30 pagi sampai 4.30 sore. Jika Kamu berkunjung ketika musim panas, kuil dibuka sampai pukul 6.00 sore. Disana terdapat pula pohon permohonan untuk mengantung harapan yang ditulis oleh pengunjung.

Kamu juga bisa sekalian mengunjungi kebun kuil, yaitu Yoyogi Gyeon. Sebuah kebun indah yang dilengkapi dengan tempat acara minum teh kerajaan, kebun bunga Iris serta gazebo kecil yang indah.

6. Imperial Palace

Alamat: Mall Grand Indonesia, Jl. M.H. Thamrin No.1, RT.1/RW.5, Menteng, Central Jakarta City, Jakarta 10310

Imperial Palace
Foto: tokyocheapo.com

Imperial Palace merupakan istana kekaisaran yang bisa Kamu kunjungi dengan berjalan kaki dari Stasiun Tokyo. Kecuali tanggal 2 Januari (perayaan tahun baru) dan 23 Desember (ulang tahun kaisar), istana kekaisaran tidak dibuka untuk umum.

Walaupun tidak bisa memasuki bangunan utama, Kamu bisa menikmati Palace East Garden atau menikmati gugurnya bunga Sakura jika berkunjung di musim semi. Taman kerajaan tutup tiap senin, jumat dan tahun baru.

Taman kerajaan bisa kamu masuki secara gratis dari pukul 9.00 pagi sampai 4.30 sore. Sedangkan istana kekaisaran hanya bisa Kamu masuki pada hari-hari tertentu atau membuat reservasi resmi. Kamu nantinya bisa memutari kebun dan interior istana bagian dalam.

7. Ginza

Lokasi: Selatan Yaesu dan Kyōbashi, sebelah barat Tsukiji, sebelah timur dari Yūrakuchō dan Uchisaiwaichō

Ginza
Foto: wikipedia.org

Jika Kamu berkunjung ke Tokyo untuk berbelanja atau cuma sekedar wisata, Kamu harus mengunjungi Ginza. Disana merupakan tempat wisata di Tokyo yang terkenal karena toko dan restoran terbaik di Jepang.

Selain tempat berbelanja dan kuliner, Kamu juga bisa mengunjungi toserba elit di persimpangan Ginza 4-chome yang menjadi ikon kota Ginza. Di akhir pekan, jalan-jalan akan ditutup untuk kendaraan agar wisatawan bisa bebas berjalan kaki.

Toko di Ginza buka pada pukul 10 pagi dan tutup jam 10 malam. Selain belanja, Kamu juga bisa melihat kabuki, salah satu seni hiburan tradisional Jepang di Kabukiza Teather.

8. Ueno

Lokasi: Taito City, Tokyo 110-0005, Japan

Ueno
Foto: gotokyo.org

Ueno merupakan daerah yang sering dikunjungi oleh wisatawan internasional. Terdapat tempat belanja dengan berbagai macam jenis barang, mulai dari kosmetik, pakaian, alat rumah tangga, kuliner, buah segar dan masih banyak lagi.

Terdapat pula Taman Ueno yang terkenal karena bunga Sakuranya. Kamu bisa menikmati suasana taman yang asri di Ueno dengan hampir 9.000 pohon, kolam-kolam ikan dan kuil-kuil kecil. Taman Ueno bisa diakses secara gratis baik pagi atau malam hari.

9. Roppongi

Lokasi: Sebelah Tenggara Distrik Minato

Roppongi
Foto: timeout.com

Terkenal sebagai tempat wisata di Tokyo yang terkenal karena hiburan malamnya diantara para wisatawan. Di Roponggi, Kamu bisa menemukan bar, restoran dan klub malam untuk gaijin (sebutan orang Jepang untuk turis/orang asing) dengan mudah.

Roppongi merupakan kawasan elit untuk berbelanja dan menginap. Di Roppongi’s Hills, Kamu bisa menginap di hotel yang menampilkan pemandangan kota Tokyo. Berkunjunglah pula ke Mori Tower dimana kamu bisa melihat Tokyo Skytree dengan jelas.

10. Akihabara

Lokasi: Stasiun Akihabara, Tokyo, Jepang.

Akibahara
Foto: livejapan.com

Akihabara merupakan representasi Jepang sebagai kota elektronik dan teknologi. Akihabara Electric Town merupakan toko elektronik paling banyak dikunjungi disana. Toko elektrik tersebut buka dari jam 11 pagi hingga 9 malam.

Selain sebagai pusat elektronik, di Akihabara terkenal pula dengan kultur otakunya. Terdapat banyak toko yang menjual pernak-pernik otaku seperti manga, merchandise, anime, dan banyak pula cafe-cafe yang menarik

Dari pusat Akihabara, Kamu juga bisa mengunjungi kuil Myojin yang menjadi tempat istimewa bagi para pengusaha elektronik. Akihabara bisa diakses dengan mudah dari pusat Tokyo, jadi Kamu tidak perlu khawatir tersesat.

Lihat Juga: Rekomendasi Tempat Wisata di Indonesia

Butuh Hotel di Tokyo untuk menginap?

Penutup

Itulah daftar tempat wisata di Tokyo yang wajib Kamu kunjungi. Manakah tempat yang ingin Kamu kunjungi ketika liburan tiba? Kamu bisa menjumpai beragam kultur kebudayaan Jepang di Tokyo dengan mengunjungi tempat-tempat wisata tersebut.